Tips Berdiri Nyaman Untuk Ibu Hamil!

  • Jika Bunda dalam keadaan atau tuntutan pekerjaan yang memaksa Bunda untuk terus berdiri lama saat hamil, maka beberapa tips ini bisa Bunda ikuti untuk membuat Bunda lebih nyaman.

    •  Gunakan sepatu yang nyaman

    Pakai sepatu yang nyaman saat berencana berdiri terlalu lama. Ini dapat membuat Bunda lebih nyaman saat beraktivitas. Hindari penggunaan sepatu hak tinggi karena dapat meningkatkan resiko terjatuh dan kelelahan saat Bunda berdiri terlalu lama saat hamil.

    •  Sesekali curi waktu untuk duduk

    Meski Bunda sangat sibuk, namun coba sesekali curi waktu untuk duduk dan meluruskan kaki. Ini dapat membantu meringankan beban Bunda sebelum memulai berdiri kembali.

    •  Gunakan belt penyangga perut

    Saat ini banyak dijual produk penyangga perut (maternity belt) yang terbuat dari kain stretch dan lembut. Bunda bisa menggunakan ini untuk menahan perut Bunda yang semakin besar untuk mengurangi beban saat berdiri terlalu lama. Banyak ibu hamil yang merasakan keluhan nyeri pinggang dan pegal berkurang dengan penggunaan penyangga perut ini,

    • Cukupi kebutuhan air dalam tubuh

    Pastikan Bunda cukup minum air putih agar tetap terhidrasi saat bekerja terlalu keras.

    • Lakukan peregangan dan berjalan

    Jika tubuh sudah terasa pegal dan sakit, Bunda bisa mencuri waktu untuk melakukan peregangan sesekali. Berjalan-jalan kecil juga dianjurkan untuk kembali membantu melancarkan sirkulasi darah.

    Berdiri lama saat hamil memang memiliki resiko bagi Bunda. Meski demikian, bukan berarti Bunda tidak boleh berdiri dan hanya berbaring saja. Tetap mencoba aktif dan berolahraga sewajarnya sangat dianjurkan untuk membuat tubuh Bunda tetap fit.

    Jika pekerjaan Bunda mengharuskan Bunda untuk terus berdiri dalam waktu yang lama, Bunda bisa mencoba meminta toleransi dan keringanan untuk mendukung posisi Bunda yang sedang hamil.

    Sumber:

    Baby Center. 2021. Is it safe to be on my feet all day while pregnant?

    Mom.com. 2014. How Much Time Can I Spend on My Feet at Work While Pregnant?

    https://diarybunda.co.id/