Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung pada Anak

  • Yuk Moms, berikan makanan untuk perut kembung pada anak ini supaya Si Kecil merasa lebih nyaman.

    1. Mentimun

    Mentimun lebih sering disajikan sebagai lalapan, yang ternyata mampu mengatasi perut kembung pada anak lho, Moms.

    Menurut Cynthia Sass, MPH RD, ahli gizi dan nutrisi, pada laman health.com, mentimun mempunyai kandungan antioksidan flavonoid bernama quercetin yang bermanfaat untuk menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi sebagai pemicu kembung.

     

    2. Pepaya

    Pada studi yang dirilis National Institutes of Health, diketahui kalau mengonsumsi pepaya dapat mengurangi gejala sembelit dan perut kembung secara signifikan.

    Manfaat buah pepaya didapatkan dari kandungan enzim papain yang dapat membantu sebagai pemecah protein dari makanan yang dikonsumsi, sehingga fungsi sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

    3. Yogurt

    Seperti yang Moms ketahui, yogurt mengandung probiotik (bakteri baik) yang dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan sekaligus meredakan inflamasi ketika perut sedang bergas dan kembung.

    Supaya mendapatkan manfaat ekstra, Moms dapat memberikan greek yogurt yang mempunyai kalori lebih rendah, dengan kandungan sampai 20 gram protein atau kefir sebagai alternatif pengganti jika Si Kecil alergi susu atau intoleransi laktosa.

     

    4. Avokad

    Selain kaya akan lemak sehat, avokad juga mempunyai kandungan potasium serta antioksidan yang baik untuk mengatasi perut kembung pada anak.

    Berbagai makanan yang mengandung potasium seperti avokad, pisang, kiwi, dan jeruk, dapat mengurangi perut kembung akibat retensi garam dan cairan dengan cara mengatur kadar sodium pada tubuh.

    5. Jahe

    Mengatasi perut kembung pada anak juga dapat Moms lakukan dengan menambahkan jahe pada makanan dan minuman Si Kecil.

    Selain dapat membuat perut menjadi hangat, jahe juga mengandung enzim pencernaan zingibain yang bisa membantu tubuh untuk memecah protein, mengurangi inflamasi pada usus besar, dan memberikan efek relaksasi yang membantu meredakan kembung serta gas.

     

    6. Oatmeal

    Ketika perut Si Kecil sedang kembung, memberikan sarapan oatmeal di pagi hari menjadi pilihan terbaik untuk membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gejala perut kembung.

    Moms bisa menambahkan topping seperti kacang kenari atau buah berry untuk memberikan tambahan serat, antioksidan, serta protein.

     

    7. Air Kelapa

    Seperti buah avokad, air kelapa merupakan sumber potasium yang dibutuhkan tubuh untuk meredakan kembung akibat retensi cairan yang disebabkan kadar sodium yang tidak seimbang.

    Untuk hasil yang maksimal, air kelapa lebih baik diminum secara murni tanpa tambahan gula atau susu kental manis.

    Selain mengonsumsi makanan untuk mengatasi perut kembung pada anak di atas, sebaiknya hindari dulu makanan yang menghasilkan gas atau membuat perut terasa tambah tidak nyaman seperti kacang-kacangan, brokoli, bawang, lentil, kembang kol, minuman bersoda, dan makanan berminyak.

     

    Source : https://www.orami.co.id/