Nutrisi Untuk Mata Sikecil

  • Sudah tahu cara sederhana dan terbukti efektif untuk menjaga kesehatan mata anak? Mudah kok, penuhilah asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan Si Kecil, terutama nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan matanya.

    Pertanyaannya, makanan seperti apa yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak? Tenang saja, ibu tidak perlu bingung, sebab banyak makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang membantu menjaga kesehatan mata anak. 

    Nah, berikut ini makanan yang bisa ibu masukan ke dalam menu harian Si Kecil, agar kesehatan matanya tetap terjaga. 

     

    1.Ikan Laut 

    Ikan-ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3. Nah, omega-3 ini membantu menjaga lubrikasi mata anak dan mencegah sindrom mata kering. Mengonsumsinya secara teratur juga membantu mengurangi risiko terkena katarak dan degenerasi makula di kemudian hari.

    2. Sayuran Berdaun Hijau

    Sayuran berdaun hijau adalah salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak. Ada beragam sayuran hijau yang bisa ibu pilih, contohnya kale, bayam, atau collard greens yang banyak mengandung lutein dan zeaxanthin tingkat tinggi. 

    Kedua zat ini mengandung antioksidan kuat yang bisa membantu menangkal radikal bebas pada mata. Antioksidan ini juga bisa mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak seiring bertambahnya usia anak. 

    3.Berry dan Jeruk

    Alih-alih memberikan anak camilan yang asin, tinggi kalori, dan lemak, ibu bisa menggantinya dengan camilan sehat seperti buah berry dan jeruk. Kedua buah ini kaya vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Nah, ketika sistem imun semakin prima, maka daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit akan semakin kuat. 

    Baca juga: Ini Alasan Gadget Bisa Rusak Mata Anak

    4.Telur dan Wortel

    Selain makanan-makanan di atas, telur juga bisa ibu berikan pada anak untuk menjaga kesehatan matanya. Telur kaya vitamin A yang bisa membantu mencegah rabun senja dan mata kering.

    Selain telur, ada pula wortel yang kaya beta karoten (senyawa alami tumbuhan yang menjadi bentuk awal dari vitamin A). Beta karoten ini dapat menjaga integritas struktural mata, dan meningkatkan fungsi komponen mata Si Kecil. 

    5. Kacang

    Kacang-kacangan juga masuk ke dalam makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak. Ibu bisa memilih kacang almond, pistachio, dan kenari untuk dimasukkan ke dalam menu harian Si Kecil. Ketiga kacang ini kaya akan vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan, yang bisa membantu menjaga penglihatan anak. 

    6.Daging Sapi dan Ayam Tanpa Lemak

    Selain lima makanan di atas, ada juga lauk-pauk untuk menjaga kesehatan mata anak. Misalnya, daging ayam atau sapi tanpa lemak yang banyak mengandung zinc atau seng. Zat ini bisa membawa vitamin A dari hati ke retina, untuk membuat pigmen pelindung melanin. 

     

    Source: https://www.halodoc.com/