Makanan yang Mengganggu Kesuburan Wanita

  • Makanan yang Mengganggu Kesuburan Wanita

    Makanan yang mengganggu kesuburan wanita dibagi menjadi tiga jenis. Tiga jenis tersebut, yakni keripik atau makanan yang digoreng dan dipanggang, seafood, dan makanan manis. Ketiga jenis akan dijelaskan lebih lengkap pada poin-poin berikut ini:

    1. Keripik atau makanan yang digoreng dan dipanggang
      Sebagian besar keripik kemasan, seperti keripik kedelai, keripik jagung, keripik kentang, dan keripik tortilla, mengandung lemak trans yang tinggi. Apapun yang digoreng, bahkan sayuran, memiliki masalah lemak trans. Keripik atau makanan yang digoreng dan dipanggang dapat kemandulan bagi pada wanita dan pria.
    2. Seafood
      Seafood menduduki salah satu makanan yang tidak sehat. Makanan seafood dapat menghasilkan racun empat kali lipat, akibat adanya lemak trans, akrilamida, merkuri, dan mungkin parasit atau virus pada setiap gigitannya. Seafood lebih baik tidak dimakan selama persiapan prakonsepsi, selama kehamilan, dan menyusui.
    3. Makanan manis
      Makanan manis, seperti donat, minuman kaleng, dan kafein, patut untuk dihindari untuk mengurangi masalah kesehatan, terutama terkait kesuburan. Makanan manis juga dapat membuat infertilitas, malformasi, dan keguguran. Maka dari itu, mengurangi atau bahkan menghindari makanan manis akan sangat baik.
      Jenis makanan di atas kurang baik menjadi makanan untuk kesuburan wanita, justru akan menurunkan kesuburan itu sendiri. Bukan berarti tidak memakannya sama sekali, tapi bisa dengan mengurangi intensitasnya.

    Vitamin untuk Kesuburan Wanita

    Vitamin untuk kesuburan wanita adalah vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, Kalsium, Vitamin D, dan masih banyak lainnya. Diketahui vitamin B6 mampu meningkatkan kesuburan wanita karena kadar homosistein dalam aliran darah akan meningkat. Sedangkan, vitamin B9 merupakan vitamin yang penting untuk kesuburan dan perkembangan janin. Vitamin C merupakan antioksidan kuat dan memainkan peran utama dalam peningkatan kesuburan. Konsumsi lebih banyak produk susu (yang tinggi kalsium dan diperkaya dengan vitamin D) memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi dan berisiko lebih rendah mengalami endometriosis dan masalah ovulasi. Itulah beberapa vitamin dan produk makanan untuk kesuburan wanita.

    Kesuburan merupakan kondisi dimana laki-laki atau perempuan mampu untuk menghasilkan keturunan. Cara meningkatkan kesuburan wanita dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan untuk kesuburan wanita dapat diperoleh dari makan-makanan sehat dan juga vitamin serta menghindari makanan yang dapat mengganggu kesuburan. Maka dari itu, menjaga dan memantau masa subur merupakan hal penting bagi wanita jika ingin memiliki keturunan.

     

    Source : https://ciputrahospital.com/