Bagaimana Mencegah Terjadinya Diabetes Pada Anak

  • Sayang sekali bila di saat-saat atau masa tubuh sedang produktif, remaja malah harus mengonsumsi obat-obatan dan membatasi aktivitasnya demi mengontrol gula darah agar tidak berlebih.

    Oleh karena itu, penting untuk mengambil tindakan pencegahan diabates pada remaja dengan cara berikut ini :

    1. Mempertahankan berat badan ideal.

    2. Makan buah dan sayur

    Sesuai dengan semboyan gizi seimbang (yang dulu 4 sehat 5 sempurna) harus diaplikasikan dengan gizi seimbang isi piringku kemenkes RI, bahwa mengkonsumsi jumlah karbohidrat harus sebanding (sama) dengan jumlah sayuran. 

    Buah dan sayur termasuk makanan penting yang perlu dikonsumsi setiap hari karena memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mencegah diabetes.

    Namun, nyatanya masih banyak anak yang kekurangan asupan buah dan sayur harian. 

    3. Aktif berolahraga

    Untuk mencegah kelebihan berat badan yang berlanjut pad obesitas maka biasakan anak kita untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari.

    Ini bertujuan untuk memaksimalkan pencapaian target penurunan berat badan dan untuk mengurangi risiko Anda terkena diabetes.

    Selain itu, berolahraga juga bisa menurunkan kadar gula darah dan menekan terjadinya resistensi insulin dalam tubuh anak kita.

    4. Pilih makanan yang memiliki Indeks Glikemik Rendah atau sedang

    Makan manis yang mengandung gula banyak digemari anak-anak merupakan makanan yang memiliki nilai indeks glikemik tinggi dimanan bila kita terlalu sering mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai indkes glikemik tinggi menyebabkan kenaikan gula darah secara tiba tiba dan akan turun lagi dengan cepat mengkibatkan tubuh akan sering mengalami keterkejutan. Tepai bila kita mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai indeks glikemik sedang atau rendah makan kenaikan gula darah akan landai (tidak cepat secara tiba tiba) dan turun lagi dengan waktu yang lama.

    Oleh karena itu, penting bagi orangtua selain  untuk bisa membatasi asupan makanan manis yang dikonsumsi oleh anak setiap hari.tetapi memberikan didikan atau pegetahuan mengenai pola hidup yang sehat, pola makan yang baik (pegaturan makan yang baik) sehingga anak tidak terjerumus ke dalam risiko diabetes. Hal yang terbaik adalah dimulai dari orang tua sendiri memberi contoh pola hidup yang sehat dan pola makan yang sehat, sesuai dengan perkataan KH. Abdullah Gymnastiar mulailah dari diri kita, mulailah dari yang kecil dan mulailah dari sekarang.Jadi jangan pernah berharap anak kita berperilaku sehat apabila orang tuanya tidak memberikan contoh yang baik.

     

    Source : https://yankes.kemkes.go.id/