Beberapa Hewan Yang Cocok Untuk Peliharaan

  • Ketika Anda mencintai hewan, Anda mungkin juga akan menurunkannya kepada anak-anak Anda. Ini adalah hal yang positif untuk mengajarkan mereka berbagi cinta kepada sesama makhluk hidup lainnya.

    Apalagi, memelihara hewan memiliki sejumlah manfaat untuk anak-anak dalam tumbuh kembangnya, yakni membantu perkembangan emosional, kognitif, sosial, dan fisik.

    Kendati demikian, tak semua hewan peliharaan aman untuk dimiliki oleh anak-anak. Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan, seperti kepribadian anak, gaya hidup, kesehatan, dan umur.

    Anak-anak mulai boleh dikenalkan dengan hewan peliharaan saat umur mereka 3-5 tahun. Setiap hewan yang dipilih pun, harus disesuaikan dengan usia anak.

    Namun, ini semua harus selalu berada dalam pengawasan Anda. Untuk membantu Anda menentukan hewan peliharaan apa yang aman dipelihara anak, dilansir dari Pet Circle, berikut 6 di antaranya.

    Ikan Hias (3 tahun +)

    Ikan hias adalah salah satu hewan yang paling muda dipelihara untuk anak-anak balita berusia 3 tahun ke atas. Ikan cukup sederhana, mudah dirawat, dan menghibur untuk anak kecil saat menontonnya. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa dipelihara. Anda bisa memilih ikan-ikan berukuran kecil, seperti ikan cupang atau ikan mas koki yang paling umum.

    Selain itu, kebanyakan ikan memiliki usia yang relatif pendek, sehingga tanggung jawabnya tidak terlalu berat. Anda bisa mengajarkan kepada anak untuk memberi makan, memberi nama, dan mengenalkan beberapa warna kepada anak.

    Guinea Pig (5-7 tahun)

    Hewan pengerat cukup ideal untuk dipelihara oleh anak-anak yang lembut. Hewan seperti guinea pig bisa menjadi pilihan karena mereka sangat manis dan jinak. Ukurannya juga sekecil seperti hamster, sehingga mudah ditangani oleh anak-anak. Guinea pig senang dibelai dan mungkin juga suka digendong. Anak-anak juga bisa belajar mengisi mangkuk makanan guinea pig dan memberinya cemilan.

     

    Beberapa Jenis Burung (5-10 tahun)

    Hewan peliharaan burung juga termasuk aman dipelihara oleh anak-anak. Ada beberapa jenis burung yang jinak seperti parkit, kenari, atau kesturi. Mereka dapat dijinakkan dan mungkin dapat diajarkan beberapa trik untuk mengajak anak Anda bermain. Namun, Anda lebih baik memilihara lebih dari satu burung untuk mencegah burung kesepian ketika anak Anda tidak bermain dengannya.  

    Anjing (6-12 tahun)

    Selain orang dewasa, anjing juga aman dipelihara oleh anak-anak berusia 6 tahun ke atas. Ini bisa menjadi hewan peliharaan yang loyal untuk menemaninya tumbuh dewasa. Maka, ada baiknya untuk memelihara anjing sejak usianya masih muda, sehingga mereka akan tumbuh bersama. Bagaimana pun, Anda tetap harus mempertimbangkan pilihan anjing karena perawatannya lebih banyak daripada hewan-hewan peliharaan sebelumnya, seperti fasilitas kesehatan, makanan tambahan, waktu bermain, dan pelatihan. Namun, Anda tidak akan menyesal untuk mengenalkan hewan anjing kepada anak-anak.

    Kucing (7-12 tahun)

    Sama seperti anjing, kucing juga bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan untuk anak-anak. Meski umumnya kucing suka bermain, tetapi mereka harus ditangani dengan tepat karena terkadang mereka mendesis atau menggigit saat tidak suka.

    Ini bisa mengejutkan anak-anak yang lebih kecil. Oleh karena itu, kucing sebenarnya perlu ditangani oleh anak yang lebih besar dan lebih paham cara menangani hewan. Ada banyak jenis ras kucing yang aman dipelihara seperti anggora, persia, munchkin, maine coon, dan sebagainya.  

    Kelinci (8-12 tahun)

    Kelinci adalah hewan umum lainnya yang aman dipelihara oleh anak-anak. Terutama bagi anak perempuan karena kelinci sangat manis dan terkesan lembut. Namun, tubuh kelinci cukup rentan, sehingga perlu ditangani dengan hati-hati oleh anak yang lebih besar, yakni usia 8 tahun ke atas.

    Kelinci dapat dipelihara di dalam kendang, meski di keluarkan, mereka tidak butuh banyak ruang. Terpenting adalah memberinya makan dan membersihkan kandangnya.

     

    Source : https://www.momsmoney.id/