Teknik Memijat Bayi Untuk Menghilangkan Kembung

  • Kalau perut sedang kembung, semuanya serba enggak enak kan, Bun? Begitu juga dengan bayi. Ketika perut mereka kembung, mereka jadi rewel.

    Kembung pada bayi bisa diatasi dengan pijat lho, Bun. Memang ya, ada berbagai manfaat dari pijat bayi.
     

    Pijat bisa berfungsi untuk menenangkan bayi lho, Bun. Dilansir Parents, penelitian menunjukkan bahwa selain menghilangkan kembung, pijatan dapat mengurangi bayi menangis, rewel, dan membantunya tidur lebih nyenyak.

    "Ketika Anda memijat bayi, Anda sebenarnya merangsang sistem saraf pusatnya," kata Tiffany Field, PhD, direktur Touch Researc Institute di University of Miami School of Medicine.
    Dilansir Mom365, ada 5 teknik pijat yang bisa Bunda lakukan untuk menghilangkan kembung di perut bayi.

    1. Water-wheel

    Letakkan satu tangan di bawah tulang rusuk bayi dengan posisi kelingking di bawah dan telapak tangan meghadap kaki bayi. Secara perlahan, usapkan dari perut hingga di atas panggulnya.

    2. Knee up

    Tekuk kedua lutut bayi ke arah perutnya. Lakukan dengan lembut. Pastikan juga menopang belakang lututnya dengan jari telunjuk Bunda.

    3. Sun and moon

    Buat pola lingkaran searah jarum jam dengan telapak tangan kanan di perut bayi, kemudian diikuti tangan kiri.

    4. I love you

    Satukan jari telunjuk dan jari tengah. Letakkan jari di perut bayi bagian kiri. Kemudian , tekan dengan lembut ke arah bawah hingga seperti membentuk huruf I. Lalu, mulai dari perut bagian kiri, geser ke arah kanan, kemudian ke bawah hingga seperti membentuk huruf L. Setelah itu, dimulai dari lipatan kaki kanan, geser jari hingga membentuk huruf U ke arah lipatan kaki kiri.

    5. Thumbs to sides

    Pegang pinggang bayi dengan posisi kedua ibu jari di perutnya. Tarik ibu jari ke sisi perutnya secara bersamaan.

     

    Source :  https://www.haibunda.com/parenting/