Ketahui Tentang Kalkulator Masa Subur

  • Kalkulator masa subur 

    Mengetahui masa subur dapat meningkatkan peluang seseorang untuk hamil. Siklus menstruasi wanita terjadi setiap 28 hari. Namun, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Ada sekitar 6 hari  dalam setiap menstruasi Anda memiliki peluang kehamilan. Cobalah kalkulator masa subur untuk memperkirakan kapan masa subur Anda sebagai upaya merencanakan kehamilan. 

    Bagaimana mengunakan kalkulator masa subur wanita? 

    Anda dapat mengetahui masa subur dengan cara: 

    1. Memilih tanggal hari pertama menstruasi terakhir Anda dan sesuaikan dengan rata-rata siklus menstruasi Anda, umumnya 28 hari. 
    2. Klik Tombol “Hitung Perkiraan Masa Subur”.
    3. Selanjutnya, biarkan kalkulator masa subur bekerja dan akan tampak pada layar hasil perhitungan perkiraan masa subur Anda. 

    Kalkulator masa subur bukanlah saran medis. Lebih jelas konsultasikan langsung dengan petugas kesehatan yang kompeten.  

    Bagaimana cara menghitung masa subur wanita? 

    Menghitung masa subur dengan kalkulator masa subur dapat membantu Anda dalam merencanakan kehamilan.  Pertama ketahui periode menstruasi Anda,  catat hari pertama Anda menstruasi setiap bulan. Kemudian, hitung jarak menstruasi hari pertama (saat ini) dan hari pertama menstruasi di bulan berikutnya.  

    Sebagai contoh, haid pertama Anda tanggal 27 November. Lalu di bulan berikutnya, haid pertama Anda tanggal 23 Desember, maka lama siklus menstruasi Anda sekitar 28 hari. Masa subur biasanya berlangsung sekitar 5 hari dan peluang Anda untuk hamil selama 3 hari terakhir setelah ovulasi.  

    Definisi Ovulasi  

    Proses ovulasi  pada manusia terjadi saat sel telur yang matang dikelurkan dari ovarium. Umumnya ovulasi terjadi 4 hari sebelum atau setelah siklus menstruasi (14 hari sebelum dimulainya periode menstruasi wanita berikutnya). 

    Pada hari ke 10-18 dari siklus menstruasi menjadi fase paling subur dari siklus menstruasi. Pembuahan sel telur hanya terjadi selama 12-24 jam setelah pelepasan sel telur yang matang melalui saluran tuba  menuju rahim.  Sperma sendiri dapat bertahan hidup di dalam tubuh wanita hingga lima hari.  

    Lakukan hubungan seksual teratur 5 hari sebelum ovulasi dapat meningkatkan pembuahan. Jika pembuahan berhasil, sel terlur dapat ditanamkan dalam rahim 6-12 hari kemudian. Jika tidak, lapisan dalam rahim dan sel telur akan meluruh dan terjadilah menstruasi.  

    Tanda-Tanda Ovulasi  

    Kenali tanda-tanda masa subur untuk memperkuat prediksi masa subur, di antaranya: 

    • Kenaikan suhu basal tubuh 
    • Meningkatnya lendir serviks tekstur menyerupai putih telur mentah 
    • Rasa sakit atau kram ringan di perut bagian bawah 
    • Gairah seks dapat meningkat 
    • Serviks melunak dan terbuka 
    • Adanya bercak ringan/sedikit

    Tips untuk Hamil 

    Persiapkan kehamilan yang sehat dengan beberapa langkah berikut: 

    • Mengenali waktu masa subur dan tanda ovulasi pada tubuh Anda (meningkatnya suhu basal tubuh, lendir serviks, dan lainnya). 
    • Rutin berhubungan seksual saat masa subur.  
    • Konsumsi suplemen yang mengandung asam folat setidaknya satu bulan sebelum merencanakan kehamilan. 
    • Lakukan perilaku hidup sehat dengan diet sehat, rutin berolahraga, menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol.  
    • Lakukan pemeriksaan kesehatan, melengkapi vaksinasi, dan kontrol kehamilan untuk mencegah komplikasi selama kehamilan.

      

    Prediksi Masa Subur 

    Ada berbagai cara untuk  memperkuat prediksi masa subur Anda, di antaranya: 

    1. Mengetahui Siklus Menstruasi  

    Kalkulator masa subur menggunakan metode pelacakan siklus menstruasi untuk memprediksi kapan terjadinya ovulasi. Wanita dengan siklus menstruasi teratur dapat dengan mudah menentukan kapan masa subur mereka dan kemungkinan besar akan hamil. Sayangnya siklus menstruasi setiap wanita bervariasi. Hari pertama menstruasi adalah hari pertama pendarahan dimulai dan berakhir pada hari pendarahan dimulai lagi. Jadi, penting mengetahui periode menstruasi untuk menentukan kapan masa subur terjadi.  

    2. Mengukur  Suhu Basal Tubuh 

    Anda dapat mengukur suhu basal tubuh untuk membantu menentukan kapan masa subur dan peluang kehamilan dapat terjadi. Suhu basal tubuh dapat diukur menggunakan termometer khusus. Pengukuran dapat dilakukan saat baru bangun tidur di pagi hari. Sebelum ovulasi terjadi suhu basal tubuh berada pada level terendah. Kemudian, mulai naik sekitar ½ derajat sehari selama ovulasi.  Pengukuran suhu basal tubuh tidak disarankan  saat Anda demam, pilek atau infeksi. 

    3. Alat Tes Masa Subur (Ovulation Test Pack) 

    Alat tes masa subur dapat Anda gunakan untuk mendeteksi masa subur. Alat tes masa subur bekerja dengan mendeteksi perubahan hormon luteinizing (LH) dalam urin. Jika produksi hormon luteinizing (LH) meningkat, maka masa ovulasi akan segera tiba. Inilah waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual untuk merencanakan kehamilan.  

     

    Source : https://ciputrahospital.com/