Penyebab Stres pada Bayi

  • Stres bayi dapat disebabkan oleh alasan emosional atau fisik. Apa pun yang ada di sekitar mereka, apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan, memainkan peran penting dalam menentukan respons mereka.

    Bayi dapat dengan mudah dipengaruhi oleh perubahan emosional Mama atau pengasuh mereka.  Mereka juga dapat mengalami beberapa tingkat stres dari perubahan positif seperti belajar keterampilan baru. Namun, stres sebagian besar terkait dengan emosi atau penyakit negatif.

    Faktor-faktor berikut dapat menyebabkan stres pada bayi :

    • Ketidaknyamanan fisik

    Salah satu alasan utama stres pada bayi adalah rasa sakit. Stres dapat disebabkan oleh berbagai penyakit fisik, dari gangguan pencernaan sederhana hingga gangguan atau kecacatan parah.

    • Tidak mendapat perhatian yang cukup

     Bayi yang tidak memiliki ikatan yang kuat dengan Mama, keluarga, atau pengasuh bisa merasa stres. Jika bayi dibiarkan tanpa pengawasan atau tidak sengaja dibiarkan sendiri untuk sementara waktu, mereka mungkin mulai menangis karena stres. Bayi mungkin mengalami tingkat stres yang lebih tinggi jika tidak ada yang menanggapi tangisan mereka ketika mereka lapar atau setelah mengompol atau mengotori popok.

    • Terpisah dari orangtua atau pengasuh

    Berada jauh dari orangtua atau pengasuh utama dapat membuat stres pada bayi. Mereka mungkin panik dan mulai menangis ketika mereka jauh dari pengasuh utama untuk sementara waktu.

    • Kurang perhatian dari Mama atau keluarga

    Kurang perhatian juga bisa menyebabkan stres pada bayi. Kelalaian fisik atau emosional dari Mama dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi pada bayi.

    • Stres lingkungan

    Bayi mungkin merasa stres di lingkungan baru, terutama tanpa kenyamanan atau kehadiran Mama atau pengasuh mereka. Suara keras dan baru juga bisa membuat mereka stres. Pertengkaran antara saudara kandung, orangtua, atau anggota keluarga lainnya dapat membuat stres pada bayi, dan Mama mungkin melihat mereka menangis dalam bila terjadi pertengkaran.

    • Mama atau pengasuh merasa tertekan

    Seorang bayi dapat merasakan perilaku dan emosi pengasuh mereka. Mereka mungkin menjadi stres ketika Mama atau pengasuh mereka merasakan hal yang sama.

    Jika Mama melihat tanda-tanda atau gejala stres pada bayi dan merasa bahwa tidak ada stres psikologis, disarankan untuk menghubungi dokter anak mereka untuk mencari tahu apakah bayi sakit.

     

    Source : https://www.popmama.com/