Tips Mengatasi Demam pada Anak

  • Ingat, tidak semua demam perlu diobati. Dalam kebanyakan kasus, demam harus diobati hanya jika itu menyebabkan ketidaknyamanan anak. Berikut cara meredakan gejala demam yang bisa dilakukan selain memberikan kompres: 

    Obat

    Jika anak rewel atau tidak nyaman, ibu bisa memberikan asetaminofen atau ibuprofen berdasarkan rekomendasi dokter. Namun, jangan pernah memberikan aspirin kepada anak karena ini berhubungan dengan sindrom Reye. Pastikan memberikan obat demam dengan dosis yang sudah mendapat persetujuan dari dokter. 

    Tindakan untuk Membuat Anak Nyaman

    Pakaikan anak dengan pakaian yang ringan dan tutupi dengan seprai atau selimut tipis. Memakaikan anak pakaian atau selimut tebal malah dapat mencegah panas tubuh keluar dan dapat menyebabkan suhu terus naik. Pastikan juga kamar tidur anak memiliki suhu yang nyaman — tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

    Berikan Makanan dan Minuman

    Tawarkan banyak cairan untuk menghindari dehidrasi karena demam membuat anak kehilangan cairan lebih cepat dari biasanya. Air, sup, es loli, dan buah adalah pilihan yang baik. Hindari minuman yang mengandung kafein, termasuk cola dan teh, karena dapat memperburuk dehidrasi dengan memperbanyak buang air kecil. 

    Secara umum, biarkan anak-anak makan apa yang mereka inginkan dalam jumlah yang wajar, tetapi jangan memaksanya jika mereka tidak menyukainya.

    Istirahat 

    Pastikan anak cukup istirahat, tetapi jangan biarkan ia hanya tidur seharian. Hal yang terpenting adalah tetap membuat anak tenang selama demam. 

    Ketahui Kapan Harus Membawa Anak ke Dokter

    Setelah menerapkan kompres hangat dan melakukan cara-cara di atas, periksalah secara berkala suhu tubuh anak. Ibu bisa menggunakan termometer digital yang bisa diletakkan di dalam mulut, dubur atau bawah lengan untuk mengukur suhu tubuh anak. 

    Bila demam anak tidak kunjung turun setelah lebih dari 3 hari, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

     

    Referensi:

    Beaumont Emergency Hospital. Diakses pada 2021. Fever in Children – 3 Tips to Reduce Temperature.

    Kids Health. Diakses pada 2021. Fevers.

    WebMD. Diakses pada 2021. What to Do When Your Kid Has a Fever

     

    Source : https://www.halodoc.com/