Beberapa Aktifitas Menyenangkan Bagi Anak Diluar Rumah!

  • Berikut 7 aktivitas seru di luar rumah yang bisa membangun kedekatan Anda dengan anak. 

    1. Bersepeda

    Bersepeda di luar rumah tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan Anda dan anak. Namun, dengan mengajak anak bersepeda keliling kompleks atau bahkan ke taman perumahan, dapat membantu anak menemukan berbagai hal baru. Anak dapat mengenal lingkungan dan juga bisa bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, bersepeda akan membantu anak mengembangkan saraf motoriknya. 

    2. Piknik di Pantai

    Pantai adalah salah satu tempat yang disukai oleh anak-anak. Di sana mereka dapat bermain air dan pasir. Piknik ke pantai juga merupakan kegiatan sederhana yang tidak membutuhkan biaya yang mahal. Anda bisa membawa perlengkapan piknik sendiri, mulai dari kebutuhan logistik, seperti makanan dan minuman, hingga perlengkapan lainnya. Di alam terbuka seperti pantai, anak akan dilatih untuk bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

    3. Berkebun

    Melakukan aktivitas di luar rumah bukan berarti harus pergi jauh dari rumah ya. Anda bisa mengajak anak untuk sekedar berkebun di taman. Ajak anak-anak untuk membersihkan dan menanam pohon. Selain itu, kenalkan juga mereka pada berbagai jenis tumbuhan atau bahkan hewan yang ditemukan saat berkebun. Berkebun adalah salah satu aktivitas yang bisa memupuk rasa cinta anak terhadap alam.

     

    4. Berkemah

    Berkemah juga merupakan salah satu aktivitas diluar rumah yang sangat seru untuk Anda lakukan bersama anak. Sambil berkumpul dengan keluarga, Anda dapat melakukan banyak kegiatan seru saat berkemah dengan anak. Anda bisa mengajak anak untuk pesta barbeque, dan membuat api unggun. 

    Kegiatan berkemah dapat Anda lakukan di halaman rumah, jika Anda memiliki perlengkapan berkemah seperti tenda. Namun, kalau ingin berkemah di alam, kini banyak juga loh tempat perkemahan yang cocok dijadikan pilihan untuk mengisi waktu luang bersama keluarga.

    5. Hiking

    Kegiatan berjalan-jalan sambil menikmati indahnya alam bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas di luar rumah bersama anak. Ketika hiking Anda bisa mengajak anak untuk melakukan permainan sederhana, seperti mengumpulkan benda disekitar jalan yang dilalui. 

    Hiking dikenal juga bisa membantu kesehatan fisik dan mental anak. Untuk melakukan hiking Anda dan anak tidak perlu mendaki gunung sungguhan, namun cukup dengan mencari kebun raya atau taman wisata alam terdekat.

    6. Berenang di Waterpark

    Pada dasarnya anak-anak selalu senang bermain air. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak anak untuk berkunjung ke waterpark terdekat. Biarkan anak berenang, atau melakukan aktivitas lain yang mereka anggap menyenangkan. Namun, jangan biarkan anak hilang dari pengawasan Anda. Selain menghibur, bermain di waterpark juga bisa meningkatkan keberanian anak loh.

    7. Tamasya ke Kebun Binatang

    Anak-anak sangat senang melihat sesuatu yang belum pernah mereka temui. Anda bisa mengajak mereka bermain ke kebun binatang, tempat dimana banyak hewan langka bisa dilihat dengan aman. Jangan lupa juga, jelaskan kepada anak apa saja hewan yang Ia lihat selama berada di sana, sehingga tidak hanya bisa meningkatkan daya motorik anak, bermain di sana juga dapat menambah pengetahuan anak tentang fauna dan alam. 

     

    Sumber:

    Pane, M.D.C. (2019), ‘Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak’, Alodokter.com, 13 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/yuk-ketahui-beragam-manfaat-bermain-di-luar-ruangan-bagi-anak

    Apriyono, F. (2015), ‘6 Aktivitas Luar Rumah Bersama Anak Selain ke Mal’, Liputan6.com, 26 Juni 2015 [daring] Available at: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2259310/6-aktivitas-luar-rumah-bersama-anak-selain-ke-mal

    Wahyu, A. (2019), ‘4 Aktivitas Seru untuk Berkemah Bersama Keluarga’, Orami.co.id, 19 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/4-aktivitas-seru-untuk-berkemah-bersama-keluarga/

    Rinso. ‘Kegiatan Olahraga Di Luar Bersama Keluarga’, Rinso.com, [daring] Available at: https://www.rinso.com/id/kotor-itu-baik/tips-orang-tua/kegiatan-olahraga-di-luar-bersama-keluarga.html

     

    Source : www.altaschool.id