Mengenal Kembar Identik & Bedanya dengan Kembar Tidak Identik

  • Perbedaan Kembar Identik dan Tidak Identik

    Selain kembar identik (identical twins), ada pula kembar tidak identik. Pada kondisi kembar tidak identik, kedua bayi yang lahir tidak memiliki wajah atau karakteristik fisik yang sama persis. Kondisi yang disebut juga dengan kembar fraternal ini terjadi ketika dua sperma membuahi dua sel telur sehingga pasangan kembar tidak memiliki materi genetik yang sama.

    Alhasil, pasangan kembar fraternal biasanya tidak memiliki kemiripan pada karakteristik fisiknya. Bahkan, jenis kelaminnya pun bisa berbeda. Di dalam rahim, keduanya juga memiliki plasenta masing-masing, tidak berbagi seperti halnya kembar identik.

    Perawatan Kehamilan Kembar Identik

    Kehamilan kembar identik adalah kehamilan yang sering dianggap lebih berisiko daripada ibu yang hamil tunggal. Perawatan untuk kehamilan kembar monozigot bisa berbeda-beda, tergantung dari kondisi ibu. Adapun beberapa perawatan yang umum dilakukan untuk kehamilan kembar identik adalah:

    • Pemeriksaan antenatal care yang intensif.
    • Pemantauan kondisi plasenta dan amnion secara rutin.
    • Pemantauan risiko kehamilan.
    • Persiapan persalinan. Dokter biasanya menyarankan persalinan caesar untuk kehamilan kembar.
    • Perawatan pascapersalinan. Bagi bayi yang membutuhkan perhatian atau observasi secara intensif, biasanya akan dipindahkan ke NICU.

    Namun, perlu diingat sekali lagi bahwa tidak ada faktor atau penyebab pasti dari seorang ibu mengandung bayi kembar identik. Pasalnya, kembar identik adalah proses yang terjadi secara alami dan umumnya tidak dapat diprediksi. 

     

    Source : Siloam Hospitals