Cara Mengolah Ikan MPASI

    1. Pilih ikan yang segar

      Pastikan Ibu memilih ikan yang masih segar dan kualitasnya masih baik. Ikan segar harus memiliki aroma segar khas lautan. Ikan yang masih segar juga akan mengeluarkan bau amis yang normal.

      Sebab, bau amis ikan yang segar pasti berbeda dengan ikan yang sudah dalam kondisi tidak bagus. Hindari memilih ikan yang mengeluarkan bau amis, seperti bau ikan busuk. 

    2. Cuci ikan hingga bersih

      Ibu juga perlu mencuci ikan yang bagus untuk MPASI hingga benar-benar bersih. Seperti yang diketahui, daya tahan tubuh dan pencernaan bayi masih belum bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, semua jenis makanan harus dicuci bersih untuk menghilangkan kuman dan bakteri. 
    3. Buang sisik dan duri ikan

      Ini merupakan bagian terpenting saat mengolah ikan untuk MPASI si Kecil. Jangan sampai ada sisik, sirip, dan duri yang masih tertinggal ya, Bu, karena bisa menyebabkan si Kecil tersedak. Duri ikan juga bisa tersangkut di tenggorokan si Kecil.
    4. Masak hingga matang dan lunak

      Ibu bisa mengolah ikan untuk MPASI dengan cara dikukus, direbus, dan ditumis hingga matang dan lunak. Hindari menyajikan ikan dalam keadaan mentah karena bakteri yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu saluran pencernaan si kecil yang masih berkembang. 

    Nah, Bu itulah informasi terkait ikan yang bagus untuk MPASI beserta cara mengolahnya. Meski punya banyak nutrisi, Ibu disarankan untuk tidak memberikan ikan secara berlebihan.

    Sebaiknya Ibu menyeimbangkan gizi harian si Kecil dari beragam nutrisi penting lainnya, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, serat, serta berbagai vitamin dan mineral yang bisa terkandung di dalam menu MPASI bernutrisi.

    Pastikan Ibu juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang demi menjaga kualitas ASI yang dibutuhkan oleh si Kecil. Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya.

     

    Source : https://www.ibudanbalita.com/