Mengatasi Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil

  • Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil?

    Sakit punggung selama kehamilan menjadi hal umum yang dialami oleh wanita hamil. Sebab, selama masa kehamilan, tubuh akan mengalami perubahan untuk mempersiapkan persalinan. Akibatnya, kondisi tersebut bisa memicu ketegangan pada sendi punggung bawah dan panggul. Terutama bagi wanita yang memiliki berat badan berlebihan atau pernah mengalami sakit punggung sebelum hamil berisiko tinggi mengalami sakit punggung saat hamil. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir saat mengalaminya. Ada beberapa cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang bisa dilakukan. Inilah bagaimana cara mengatasi sakit punggung saat hamil.

    1. Latihan atau Olahraga Ringan

    Ibu yang sedang hamil cenderung mudah lelah saat melakukan banyak aktivitas. Akibatnya, ibu hamil yang menghabiskan waktu dengan terlalu banyak duduk atau tidur. Kurangnya aktivitas dapat membuat otot mengalami tegang, sehingga memicu sakit pada pinggang atau punggung. Anda dapat memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas dengan latihan atau olahraga.

    Kondisi ini dapat membantu mengurangi ketegangan dan stres pada tulang belakang. Beberapa latihan atau olahraga ringan yang aman untuk sebagian besar wanita hamil seperti berjalan kaki, berenang, yoga, senam hamil hingga berenang. Sebelum berolahraga pastikan Anda melakukan konsultasi dengan dokter mengenai pilihan olahraga yang aman dan tepat.

    2. Memperbaiki Postur Tubuh

    Selama hamil, titik berat atau pusat gravitasi akan pindah ke depan. Artinya, dengan bertumbuhnya janin titik berat tubuh ibu lebih condong ke depan sehingga banyak mengubah postur tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu memperbaiki postur tubuh Anda guna mengatasi sakit punggung saat hamil. Sebagai contoh, tidur miring dengan bantal di antara lutut akan menghilangkan stres dari punggung Anda.

    Saat duduk, letakkan handuk yang di gulung ke belakang punggung Anda untuk menopang dan istirahatkan kaki Anda di atas bangku. Saat berdiri, tarik pinggul ke depan dan bahu ke belakang dan gunakan kuda-kuda lebar yang nyaman. Jika harus berdiri untuk waktu yang lama, istirahatkan satu kaki di bangku rendah dan luangkan waktu untuk sering istirahat.

     

    3. Pijat

    Meski tidak sepenuhnya efektif, melakukan pijat saat hamil dapat membantu meredakan sakit punggung. Anda bisa minta terapis atau pasangan untuk pijat punggung bagian bawah dan seluruh punggung. Namun, Anda perlu berhati-hati saat melakukan pemijatan. Jika salah melakukan pemijatan dapat memberikan dampak negatif terhadap kehamilan. Jadi, pastikan Anda melakukan pijat prenatal dengan terapis atau profesional di bidangnya.

    4. Mengompres Bagian Punggung

    Mengompres bagian punggung termasuk dalam bagaimana cara mengatasi sakit punggung saat hamil. Anda dapat mengompres bagian punggung dengan menggunakan air dingin atau air hangat. Air dingin dapat meredakan rasa nyeri pada punggung. Sementara, air hangat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa nyeri akibat sakit punggung.

    Cara penerapannya, mulailah dengan meletakkan kompres dingin di area yang sakit beberapa kali sehari dengan waktu 20 menit. Setelah dua atau tiga hari, Anda bisa mulai menggunakan kompres hangat dengan cara yang sama ke punggung. Perlu diingat, saat akan mengaplikasikan kompres hangat. Hindari menggunakan suhu yang terlalu panas. Selain itu, jangan menempelkan kompres hangat tepat di perut Anda.

    5. Hindari Mengangkat Beban yang Berat

    Beberapa wanita hamil sering menganggap dirinya kuat untuk melakukan beberapa pekerjaan secara mandiri. Kondisi ini dapat memicu rasa sakit pada punggung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk mengangkat beban berat selama masa kehamilan. Terutama jika masa kehamilan telah memasuki trimester ketiga. Mintalah bantuan terhadap orang lain atau pasangan Anda mengenai sesuatu yang harus Anda angkat.

     

    6. Lakukan Terapi akupunktur

    Terapi akupunktur adalah pengobatan cina menggunakan jarum tipis yang disisipkan ke kulit. Terapi akupunktur efektif untuk membantu mengatasi sakit punggung saat hamil. Selain itu, terapi akupunktur juga baik untuk fungsi pencernaan, meredakan mual, dan sakit kepala. Jika Anda ingin melakukan terapi akupunktur, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, pastikan Anda memilih ahli terapis yang memang ahli dalam bidangnya.

    Ada banyak bagaimana cara mengatasi sakit punggung saat hamil. Anda bisa memilih beberapa cara tersebut untuk mengatasi sakit punggung yang Anda alami. Namun, jika rasa sakit tersebut tidak kunjung hilang. Konsultasikan segera ke dokter dan memeriksakannya dengan segera. Semoga bermanfaat.

    Telah direview oleh dr. Sony Parabowo

     

    Source : https://ciputrahospital.com/