Tanda-Tanda Bayi Sudah Siap MPASI Secara Fisik

  • Sudah terpikir untuk mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada si kecil? Patokan pemberian MPASI untuk bayi ternyata tidak hanya berdasarkan usianya saat ini, lho. Anda juga perlu mengenali beberapa tanda sebagai penentu apakah bayi sudah siap diberikan MPASI. Apa saja tanda khas yang menunjukkan bayi siap untuk belajar makan?

    Tanda bayi siap makan makanan pendamping ASI (MPASI)

    Idealnya, bayi memang baru dianjurkan belajar makan makanan padat di usianya bulan ke-6. Seiring dengan proses perkenalannya dengan makanan padat, bayi masih membutuhkan asupan ASI di beberapa waktu tertentu sesuai dengan jadwal makannya.

    Hal ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan gizi bayi setiap hari terpenuhi dengan baik. Namun, selain mempertimbangkan usia si kecil saat ini, Anda juga perlu melihat tanda bayi siap makan MPASI.

    Berikut tanda bayi siap untuk mengenal dan belajar makan MPASI:

    Tanda bayi siap makan MPASI secara fisik

    Memerhatikan perubahan fisik bayi sebagai tanda ia siap makan MPASI biasanya lebih mudah terlihat. Sebab seiring bertambahnya usia si kecil, ada banyak perubahan pada kemampuan fisik si kecil yang akan ditunjukkannya.

    Supaya lebih meyakinkan Anda, begini tanda fisik saat bayi siap makan MPASI:

    1. Mampu menahan kepala dan lehernya untuk tetap tegak

    Berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), salah satu ‘petunjuk’ untuk mulai memberikan MPASI kepada bayi yakni ketika ia bisa mengangkat kepalanya sendiri.

    Selain mengangkat kepalanya sendiri, pastikan si kecil juga bisa menahan agar lehernya tetap tegak tanpa harus bersandar atau diberi bantuan.

    Ini karena saat kepala dan lehernya sudah bisa tegak dengan stabil, tandanya si kecil telah siap menjaga keseimbangan tubuhnya saat makan.

    2. Mampu duduk sendiri

    Bayi dikatakan sudah siap untuk belajar makan MPASI saat ia tampak dapat duduk sendiri dengan sedikit atau bahkan tanpa bantuan sama sekali.

    Lebih baik lagi jika saat duduk sendiri tersebut si kecil mampu menjaga keseimbangan tubuhnya, apalagi selama salah satu atau kedua tangannya berusaha meraih benda di sekitarnya.

    3. Refleks menjulurkan lidah berkurang

    Selama enam bulan lamanya bayi menyusu ASI eksklusif, ia dituntut untuk memiliki kemampuan mengisap serta menjulurkan lidahnya.

    Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan bayi saat menyusu ASI dengan mengisap puting payudara Anda. Akan tetapi, menginjak usia di bulan ke-6 ini, kemampuan bayi untuk menjulurkan lidah biasanya akan semakin berkurang.

    Jika Anda melihat hal ini dialami si kecil, ini merupakan satu dari beberapa tanda bayi sudah siap makan MPASI.

    4. Keterampilan oromotor bayi semakin baik

    Keterampilan oromotor atau oral motorik adalah kemampuan bayi yang melibatkan sistem gerak otot pada area rongga mulut.

    Sistem gerak otot di area mulut ini mencakup gigi, rahang, lidah, bibir, serta langit-langit mulut. Jika sebelumnya bayi hanya mampu mengisap dan menelan cairan, kini ia sudah bisa mengunyah dan menelan makanan dengan tekstur kental dan padat.

    Bukan itu saja, kemampuan oromotor bayi juga terlihat saat ia dapat memindahkan makanan dari bagian depan ke belakang mulut.

    4. Tampak tertarik dengan makanan

    Bayi yang sudah siap makan MPASI biasanya akan menunjukkan ketertarikan saat melihat makanan di hadapannya. Ambil contohnya, si kecil terlihat berusaha menggerakkan tubuhnya untuk meraih makanan di dekatnya.

    5. Memiliki koordinasi tangan dan mulut yang baik

    Koordinasi antara tangan dan mulut yang berjalan dengan baik dapat melancarkan proses belajar makan bagi bayi.

    Perhatikan saat si kecil banyak memerhatikan, mengambil, hingga mengarahkan makanan yang ia ambil ke dalam mulutnya, tandanya ia siap makan MPASI.

     

    Source : https://hellosehat.com/