Perlukah Mengoleskan Lotion pada Kulit Bayi Setiap Hari?

  • Kulit bayi butuh perhatian khusus karena ekstra sensitif, tipis, dan rawan iritasi. Terutama bayi yang baru lahir, Anda perlu berhati-hati saat memilih produk perawatan untuknya. Setelah dimandikan, kebanyakan ibu akan mengoleskan lotion pelembap pada kulit buah hatinya. Lantas, apakah perlu mengoleskan lotion pada kulit bayi setiap hari?

     

    Dilansir WebMD, penggunaan lotion atau pelembap untuk kulit bayi sehari-hari direkomendasikan sebagian ahli. Alasannya karena banyak hal yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, seperti sehabis mandi menggunakan air hangat. Meskipun pada kulit bayi sudah mendapat perlindungan alami dari tubuhnya, tapi perlindungan tersebut bisa terkikis seiring waktu.

     

    Untuk kulit bayi yang tergolong super kering, ibu bisa mengoleskan lotion dua kali sehari atau tiap bayi ganti popok. Ahli juga merekomendasikan agar orang tua memilih lotion khusus bayi.

     

    Lotion Probaby untuk bayi.

    Lotion Probaby untuk bayi.

     

    Probaby Baby Lotion dapat digunakan untuk bayi yang kulitnya cenderung kering dan terkadang sensitif serta bisa jadi pilihan karena diformulasikan dengan formula lembut dan Ph yang disesuaikan untuk kulit bayi.

     

    Selain itu, lotion ini juga mengandung olive oil dan aloe vera yang dapat menjaga kelembutan dan kelembapan alami kulit sepanjang hari serta mudah meresap di kulit.

     

    Usapkan Probaby Baby Lotion secara menyeluruh pada bagian tubuh si kecil dan rasakan kelembutan dan kelembapannya sepanjang hari. Probaby Baby Lotion tersedia kemasan 100 ml dan 200 ml dengan harga ekonomis.

     

    Ilustrasi lotion untuk kulit bayi. Dok: Thinkstock

    Ilustrasi lotion untuk kulit bayi. Dok: Thinkstock

     

    Bagaimana dengan kulit bayi yang baru lahir? Ibu mungkin mengamati kulit bayinya tampak pecah-pecah dan kering. Namun hal itu bukan disebabkan karena kulitnya kurang lembap. Kulit bayi yang baru lahir diselimuti oleh vernix, lapisan kulit yang melapisi kulit bayi saat masih di uterus. Setelah lahir, vernix mulai lepas dari kulitnya sehingga tampak pecah-pecah. Nah, di bawah vernix ini tampaklah kulit bayi yang lembap.

     

    Setidaknya, tunggulah hingga bayi menginjak usia 4 bulan untuk penggunaan lotion pelembap. Kecuali bila kita memberi lotion yang memang diformalisikan khusus untuk bayi sehingga aman digunakan sejak si kecil baru lahir.

     

    Namun Moms, ada beberapa kasus di mana kulit bayi yang baru lahir tampak terlalu kering dan pecah-pecah parah, terutama di pergelangan tangan dan kaki. Hal ini bisa disebabkan oleh udara ruangan yang kering karena AC. Jika merasa diperlukan, Anda bisa memilih pelembap alami seperti minyak zaitun atau petroleum jelly. Selain, itu bisa juga memilih lotion Probaby aman digunakan untuk bayi.

     

    Perlu diingat bahwa paparan sinar ultraviolet matahari juga tidak baik bagi kulit bayi. Oleh karena itu bayi hanya disarankan dijemur di bawah sinar matahari pagi, sebelum pukul 08.00 pagi.

     

    Kulit bayi hanya punya sedikit pigmen sehingga berisiko terkena kanker kulit jika terpapar banyak UV. Jika Anda terpaksa mengajak si kecil keluar rumah di siang hari, ibu bisa mengaplikasikan lotion tabir surya dengan SPF 30 untuk melindungi kulit bayi.

     

    Source : https://kumparan.com/