Waktu Yang Baik Untuk Mandi Bagi Bayi

  • Jakarta – Orang dewasa umumnya mandi dua kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan malam hari. Namun bagi anak-anak, jadwal mandi ini mungkin tidak berlaku. Ibu perlu tahu waktu yang ideal untuk memandikan Si Kecil berikut agar kebersihan dan kesehatannya tetap terjaga.

    Umumnya, bayi yang baru lahir boleh dimandikan kapan saja, asal tidak mengganggu waktu tidur dan makannya. Waktu paling baik untuk memandikan bayi adalah saat pagi hari, sekitar pukul 6 sampai 8 pagi. Ibu bisa menjemurnya Si Kecil terlebih dahulu di bawah paparan sinar matahari, baru setelah itu dimandikan. Selain pagi hari, ibu juga boleh memandikan Si Kecil pada sore hari, sekitar pukul 4 sampai 5 sore. Namun, gunakanlah air hangat kuku bila ingin memandikan Si Kecil pada sore hari agar ia tidak kedinginan.

     

    Berapa Kali Sehari Bayi Sebaiknya Dimandikan?

    Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak perlu dimandikan terlalu sering, karena justru bisa membuat kulitnya cepat kering dan bisa iritasi. Selain itu, bayi juga memiliki kulit yang masih sensitif dan rentan mengalami masalah kulit, sehingga ibu perlu hati-hati dalam merawat kulit Si Kecil 

    Selama tahun pertama usianya, bayi cukup dimandikan tiga sampai empat kali saja dalam seminggu. Tapi, ibu bisa menyesuaikannya dengan kondisi bayi dan cuaca hari itu. Bila cuaca sedang panas-panasnya dan Si Kecil terlihat kegerahan, ibu bisa memandikannya setiap hari. Tidak masalah berapa kali ibu memandikan Si Kecil, yang penting kebersihan tubuhnya tetap terjaga. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin mengganti popok bayi, membersihkan muka, tangan, leher, dan bagian kelaminnya dengan waslap setiap hari. 

     

    Source : https://www.halodoc.com/