Ciri-Ciri Anak Dengan Gangguan Bicara

  • Ciri Anak Memiliki Gangguan Bicara

    Seorang anak yang berbicara lebih lambat dibanding anak seusianya belum tentu memiliki gangguan bicara. Akan tetapi, untuk anak 4-5 tahun belum bisa bicara besar kemungkinan anak mengalami speech delay. Jangan sampai terlambat karena keterlambatan bicara pada anak sangat berpengaruh pada perkembangan kecerdasan intelektual dan sosial anak. 

    Sebenarnya gangguan bicara pada anak menunjukkan ciri tertentu. Berikut ciri-ciri anak tidak bisa bicara, antara lain:

    • Gangguan bicara dapat dikenali sejak dini. Jika rentang usia 6-12 bulan tidak melakukan kontak mata, tidak memberi respon saat namanya dipanggil atau ada suara di dekatnya, tidak mengucapkan kata sederhana, atau tidak mengeluarkan suara selain menangis, maka Ibu patut waspada.
    • Setelah memasuki usia 13-18 bulan tapi anak tidak menunjuk benda-benda di sekitarnya, tidak mengucapkan minimal 6 kata, tidak menyerap kata-kata baru, maka anak bisa dikatakan mengalami gangguan bicara. Pada usia ini anak juga bisa kehilangan kemampuan bicara yang sebelumnya sudah dimiliki.
    • Memasuki usia 24 bulan dan anak belum bisa mengikuti instruksi sederhana ataupun menunjuk anggota tubuh, maka benar anak mengalami gangguan bicara. Adanya gangguan ini juga membuat anak kesulitan meniru ucapan ataupun gerakan Ibu.
    • Ciri gangguan bicara pada anak setelah memasuki usia 36 bulan terlihat dari ketidak mampuan anak mengucapkan satu kalimat pendek, tidak bisa mengikuti instruksi, atau bicara tidak jelas.

    Keterlambatan bicara pada anak menjadi penyebab gangguan perkembangan paling sering ditemukan pada anak usia pra sekolah. Jika Ibu mendapati anak dengan ciri gangguan bicara seperti di atas atau anak usia 16 bulan belum bisa mengucapkan kata berarti, maka dianjurkan segera berkonsultasi dengan dokter. 

    Setelah berkonsultasi dengan dokter, maka pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh. Hal ini ditujukan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi seperti adanya gangguan pendengaran, gangguan bahasa spesifik, retardasi mental, autis, anak hiperaktif terlambat bicara, atau lainnya. Jika memang dibutuhkan dokter akan menyarankan terapi bicara dan treatment pendukung lainnya.

     

    Source : https://www.prenagen.com/id/