5 Cara Mudah Agar Anak Lancar Bicara, Ibu Wajib Tahu!

  • Sudah di atas 18 bulan namun si kecil belum bisa bicara Bu? Atau, jangan-jangan usia si kecil sudah di atas 2 tahun namun belum lancar berbicara? Ketika mendapati anak belum lancar bicara, setiap orangtua pasti merasa cemas dan khawatir. Setiap orangtua juga akan bertanya-tanya dengan apa yang terjadi pada anak. Tak jarang, orangtua bertanya apakah anak mengalami keterlembatan bicara?

     

    Pada dasarnya, setiap anak memiliki kemampuan bicara yang tak sama antara anak satu dengan lainnya. Ada anak-anak yang sudah lancar bicara meski usianya di bawah 2 tahun. Tapi ada anak yang harus menunggu di atas usia 2 tahun hingga bisa mulai bicara. 

     

    Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan orangtua untuk menstimulus kemampuan bicara anak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak lancar berbicara.

     

    Sering Ajak Bicara

    Tips pertama agar anak lancar bicara adalah sering ajak ngobrol anak. Semakin sering orangtua mengajaknya berbicara dan bercerita, ini akan membantumu berbicara. Ini juga akan membantunya mengenal banyak kata. Anak-anak bisa mulai bicara dan memiliki kemampuan berbahasa yang baik dengan sering diajak bicara.

     

    Ajari Kebiasaan Membaca Buku

    Tips selanjutnya adalah, ajari anak untuk memiliki kebiasaan membaca buku. Aktivitas membaca buku akan membantu anak lebih mudah berbicara. Ini juga menstimulus otaknya untuk mengenal lebih banyak kata. Ini juga memberikan pengetahuan baru di usianya yang belia.

     

    Ajarkan Bermusik dan Bernyanyi

    Mengajarkan anak bermusik dan bernyanyi juga membantunya lebih lancar berbicara. Anak yang diajak mendengar musik, memainkan musik dan mendengarkan lagu serta bernyanyi, akan lebih cepat tanggap terhadap berbagai kata yang ia dengar. Perlahan tapi pasti, ini membantunya berbicara lebih lancar.

     

    Beri Tanggapan Positif dan Menyenangkan Saat Anak Berbicara

    Tanggapan dari orang sekitar berpengaruh besar terhadap kemauan dan kemampuan bicara anak. Sebaiknya, beri tanggapan positif dan menyenanangkan saat anak bicara. Hal ini akan membantunya lebih semangat berbicara dan mengolah kata yang ia dengar. Ia juga akan semakin semangat mengucapkan beragam kata meski belum terlalu jelas.

     

    Hindari Mengkritik Gaya Bicara Anak

    Pastikan untuk tidak mengkritik gaya bicara anak. Mengkritik gaya bicara anak, hanya akan membuatnya semakin malas berbicara. Ini bahkan membuatnya malu hingga trauma untuk menyampaikan apa yang sudah ia bisa dikatakan. 

     

    Itulah sekian cara agar anak semakin lancar dalam berbicara. Semoga informasi ini bermanfaat ya Bu.

     

    Source : https://www.fimela.com/parenting/