Jam Tidur Bayi Sesuai Dengan Usia

  • Jam tidur bayi akan terus mengalami perubahan siklus seiring dengan pertambahan usianya. Saat berusia 0-12 bulan, kebutuhan jam tidur bayi masih sangat tinggi sehingga ia memerlukan waktu tidur lebih banyak. Namun sayangnya, siklus jam tidur si Kecil masih belum normal, Bu, ada waktu di mana ia bisa terlelap sangat pulas di siang hari, sementara di malam hari ia akan terjaga. Momen seperti ini sering kali menguras energi orang tua di awal kehidupan si Kecil. Tak heran jika banyak orang tua yang harus ikut terjaga di malam hari saat si Kecil rewel dan tidak bisa tidur, apakah Ibu salah satunya? 

    • Jam tidur bayi usia 1-2 bulan

      Di usia ini, bayi biasanya sudah mulai mengenali siang dan malam. Total jam tidur bayi berusia 1-2 bulan adalah 15,5 jam, dengan pembagian 8-9 jam di malam hari dan 7 jam di siang hari. Berhubung si Kecil sudah mengenali pola tidur siang dan malam, sebaiknya Ibu mulai melakukan rutinitas tidur yang jelas. Ini penting agar si Kecil terbiasa dengan pola tidur seiring pertambahan usia. Sebagai contoh, Ibu bisa memandikan si Kecil dengan air hangat di sore hari, memijat badannya sebelum tidur, atau mendengarkan musik yang menenangkan. 

    • Jam tidur bayi usia 3-6 bulan

      Bayi yang memasuki usia 3 bulan ke atas biasanya sudah memiliki pola tidur dengan kebiasaan waktu bangun di pagi hari yang rutin. Namun tetap saja antara satu bayi dengan bayi lainnya berbeda ya, Bu, ada yang mudah beradaptasi, ada pula yang belum bisa. rata-rata total jam tidur bayi berusia 3-6 bulan yang bisa Ibu jadikan patokan adalah 15 jam, dengan pembagian 9-10 jam di malam hari dan 4-5 jam di siang hari. 

    • Jam tidur bayi usia 6-9 bulan

      Total jam tidur bayi berusia 6-9 bulan adalah sekitar 14 jam, dengan pembagian 10 jam di malam hari dan 4 jam di siang hari. Di usia ini, biasanya bayi sangat suka tidur di pagi dan sore hari dengan durasi yang singkat. Terkadang, pemberian MPASI juga berpengaruh terhadap pola tidur bayi. Sebab, terlalu banyak karbohidrat dalam MPASI akan membuat si Kecil lebih cepat ngantuk. Pastikan pula untuk mengatur jam makan MPASI dengan jam tidur bayi, agar si Kecil tidak terbiasa tidur sesaat setelah makan untuk menghindari penyakit. 

       

    • Jam tidur bayi usia 9-12 bulan

      Sama seperti sebelumnya, bayi berusia 9-12 bulan memiliki rata-rata total waktu tidur sekitar 14 jam, dengan pembagian jam tidur bayi antara 11 jam di malam hari dan 3 jam di sore hari. Biasanya, di usia ini bayi akan sulit tidur atau bahkan tidak mau tidur jika tidak bersama dengan orang tuanya. Pastikan pula MPASI yang dikonsumsi si Kecil mengandung nutrisi seimbang dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral agar tidak mengganggu jam tidur dan kesehatan tubuhnya. Pola tidur bayi di usia ini juga akan dipengaruhi oleh rasa tidak nyaman akibat gigi mulai tumbuh. 

     

    Source : https://www.ibudanbalita.com/