Tips Membuat Anak Menjadi Pribadi yang Lebih Bahagia

  • Orangtua mana yang tak bahagia ketika melihat buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan baik? Setiap orangtua juga akan merasa sangat tenang, damai dan nyaman ketika mendapati buah hatinya menjadi pribadi yang bahagia. Namun, bagaimana caranya untuk membentuk pribadi bahagia ini? Apa yang harus dilakukan agar anak memiliki perasaan lebih bahagia? 

     

    Mengutip dari laman parents.com, perasaan bahagia anak sangat berpengaruh besar pada tumbuh kembangnya. Kebahagiaan anak, juga berpengaruh besar pada kecerdasan anak. Mary Beth DeWitt, Ph.D., kepala divisi di bidang kesehatan psikologis anak di Dayton Children's Hospital, mengungkapkan jika anak yang bahagia, menularkan energi positif ke sekitarnya. Anak ini juga berpotensi memiliki kehidupan lebih baik di masa depan. 

     

    Ada beberapa hal yang perlu dilakukan orangtua agar anak tumbuh dan berkembang lebih bahagia. Beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut:

     

    Beri Cinta dan Kasih Sayang Tulus

     

    Hal atau tips pertama yang harus diberikan ke anak adalah cinta dan kasih sayang tulus. Cinta adalah kunci utama untuk membentuk seseorang menjadi pribadi yang lebih bahagia. Dengan cinta dan kasih sayang melimpah di hidupnya, akan membuat anak merasa aman, nyaman dan tenang. Ini juga membuat anak lebih bahagia serta percaya diri dengan hidupnya. 

     

    Beri Semangat dan Dukungan

     

    Usahakan untuk memberikan semangat dan dukungan ke anak secara lebih baik. Semangat dan dukungan dari orangtua, akan memunculkan sikap optimisme dalam diri anak. Tapi ingat, dukungan ini hanya boleh diberikan saat anak melakukan kebaikan dan hal yang benar. Orangtua tetap harus menasehati dan mengingatkan anak saat ia melakukan sesuatu yang salah.

     

    Ajarkan Kecerdasan Emosional

     

    Kenalkan anak pada berbagai macam emosi atau perasaan. Kenalkan ia pada perasaan bahagia, bersyukur, sedih, kecewa dan marah. Selain itu, orangtua juga perlu mengajarkan anak untuk mengontrol atau mengendalikan perasaan ini. Semakin anak mengenal berbagai perasaan di sekitarnya, ini membantunya menjadi pribadi yang lebih bahagia dengan tetap melatih simpati serta empati ke orang lain. 

     

    Temani Anak Bermain

     

    Jangan ragu untuk menemani anak bermain. Kedekatan orangtua dengan anak saat bermain, akan membuatnya merasa bahagia. Ini juga akan meningkatkan keterikatan antara anak dengan orangtua. Sesibuk apapun aktivitas Ibu serta ayah, jangan pernah melewatkan sedikit kesempatan untuk membersamai anak. Ini berperan besar pada tumbuh kembangnya. Ini juga berperan besar pada kebahagiaannya.

     

    Ciptakan Lingkungan Bahagia dan Aman

     

    Lingkungan yang bahagia dan aman, juga bisa membuat anak merasa sangat bahagia. Lingkungan yang penuh cinta, terjaga kebersihan dan kesehatannya, juga membuat anak semakin nyaman dalam melewati fase tumbuh kembangnya. Lingkungan memberi pengaruh besar terhadap karakter dan kepribadian anak. Tak hanya lingkungan rumah, lingkungan sekolah pun sangat berpengaruh besar. 

     

    Jadilah Pendengar yang Baik untuk Anak

     

    Usahakan untuk menjadi pendengar dan teman curhat anak. Dengan menjadi pendengar yang baik untuknya, ini memberi ruang baginya untuk berbagi kisah. Ini juga membuat anak memiliki seseorang yang sangat perpercaya, lebih hati-hati dalam bersikap pun berperilaku. Anak yang memiliki orangtua terbaik dan dekat dengannya, akan lebih terjaga karakter, keselamatan dan kebahagiaannya. 

     

    Itulah sekian cara yang bisa dilakukan agar anak menjadi pribadi lebih bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat ya Bu. 

     

    Source : https://www.fimela.com/