Usia Berapa Anak Mulai Berbicara?

  • Tahukkah Bu? Banyak anak yang mengalami speech delay atau keterlambatan bicara pada anak. Ada sejumlah treatment ataupun asupan vitamin untuk anak terlambat bicara untuk membantunya, namun bersikap sigap di awal lebih baik untuk memastikan perkembangan bahasa anak berkembang dengan baik.

    Umur berapa anak bisa bicara dengan jelas? Sebenarnya tidak ada tolak ukur pasti kapan anak bisa bicara. Akan tetapi, ada beberapa hal yang wajib Ibu perhatikan untuk memastikan anak Ibu berkembang sesuai dengan tahapan semestinya. Simak perkembangan bahasa bayi dan umur berapa ya anak bisa bicara? Yuk, simak di bawah ini.

     

    Tahapan Proses Belajar Bicara Anak

    Tidak ada patokan pasti umur berapa anak bisa bicara. Namun, ada tahapan proses belajar bicara anak yang perlu Ibu ketahui. Saat masih bayi usia 2-3 bulan biasanya bayi akan mulai mengeluarkan sedikit suara bernada. 

    Memasuki usia 4 bulan bayi akan memiliki celotehan khas di mana kata-kata pertama umumnya mengandung huruf b, m, dan p karena ketiganya merupakan huruf yang paling mudah diucapkan. 

    Memasuki usia 6-7 bulan, bayi mulai memiliki keahlian menggunakan bibir dan lidahnya secara bersamaan dan ini menjadi awal mula anak bisa bicara kata sederhana seperti mama dan papa tapi tidak terlalu jelas. Pada umumnya anak akan mulai bicara di usia 6-12 bulan mengeluarkan kata-kata yang terdengar acak dan tidak bermakna. 

    Sementara untuk bisa merangkai 2-4 kata, biasanya berlangsung di usia 18 bulan hingga 2 tahun dan anak mulai belajar menjelaskan hal-hal yang dilihat, dirasakan, dipikirkan, atau yang diinginkannya.

    Faktanya, gambaran kondisi pada umumnya tersebut tidak selalu berjalan demikian. Ibu tidak perlu terlalu cemas karena tiap anak mempunyai perkembangan berbeda. Namun, jika bayi 16 bulan belum bisa bicara Ibu memang patut waspada. 

     

    Source : https://www.prenagen.com/id/