Tips Memijat Perut Bayi Yang Sedang Kembung

  • Perut kembung merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada bayi. Bagi orang dewasa, perut kembung mungkin cuma masalah sepele. Namun buat bayi, perut kembung sudah cukup untuk membuatnya rewel seharian. Benar kan, Moms?

    Untuk meredakan perut kembung pada bayi, 5 teknik memijat bayi ini sangat efektif dan mudah dicoba lho, Moms. Dilansir dari laman FirstCry Parenting, coba 5 teknik ampuh berikut ini, yuk!

    1. Pijatan jam analog

    Bayangkan ibu jari Anda adalah jarum jam dan Anda sedang menatapnya saat ini. Sekarang, letakkan ibu jari di pukul 7 tepat, kemudian tekan dengan lembut sambil menggerakkan tangan Anda searah jarum jam (dari kiri ke kanan). Ulangi gerakan ini beberapa kali dengan lembut.

    2. Pijatan kayuh sampan

    Bayangkan telapak tangan Anda adalah kayuh sampan yang siap mengayuh. Sekarang, letakkan seluruh telapak tangan Anda di atas perut bayi, letakkan secara horizontal. Kemudian tekan lembut perut bayi tepat di bawah tulang iganya dan luncurkan ke bawah perut. Ulangi lagi gerakan ini beberapa kali dengan kedua tangan Anda bergantian.

    3. Pijatan ibu jari

    Untuk mencoba gerakan ini, pegang bayi Anda di area pinggangnya. Kemudian letakkan satu ibu jari Anda di pinggang kiri dan satu ibu jari di pinggang kanan bayi. Posisikan ibu jari sejajar bagian atas pusar bayi. Tekan lembut area tersebut, kemudian jalankan sambil menekan perlahan sampai kedua ibu jari bertemu di atas pusar, dan kembali lagi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini beberapa kali ya, Moms.

    4. Pijatan matahari dan bulan

    Ini mungkin gerakan paling menyenangkan, karena Moms perlu berimajinasi sedang menggambar matahari dan bulan (akan lebih seru sambil menyanyikan sebuah lagu untuk Si Kecil).

    Caranya, letakkan ujung telunjuk Anda di perut bayi, kemudian gambar lingkaran khayalan melingkari pusar bayi searah jarum jam. Terus lakukan gerakan memutar tersebut dengan 1 tangan, sedangkan tangan satunya mengikuti dengan menggambar setengah lingkaran khayalan di area yang sama.

    5. Pijatan gowes sepeda

    Gerakan satu ini tidak hanya bisa meredakan perut kembung, tapi juga bisa meredakan konstipasi atau susah BAB pada bayi. Aktris cantik Mona Ratuliu pernah mengunggah video gerakan gowes sepeda untuk meredakan kembung dan susah BAB pada putri bungsunya, Numa Kamala, saat baru mencoba MPASI.

    Caranya gampang, rebahkan bayi dalam posisi telentang, pegang pergelangan kaki bayi Anda, posisikan kaki menekuk ke arah perut, kemudian gerakkan kakinya secara berganti seperti sedang mengayuh sepeda. Sesekali gerakkan kedua kaki bersamaan menekan perut selama beberapa detik, kemudian kembali lagi ke gerakan awal yang seperti mengayuh sepeda.

    6. Pijatan I Love U

    Pijat I Love U ini mungkin jenis pijatan yang paling populer dan sudah sering dicoba untuk meredakan berbagai keluhan di area perut. Caranya adalah menggunakan jari telunjuk dan jari tengah, posisikan di perut bayi, kemudian gunakan jari sebagai "pulpen" untuk menggambar huruf I, L, dan U secara berurutan. Selain memberi pijatan lembut, pijat I Love U ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan cinta buat Si Kecil!

    7. Pijatan moon-walk

    Untuk pijatan ini, coba mulai dengan meletakkan jari telunjuk dan jari tengah di sisi kiri perut bayi, kira-kira sejajar pusar bayi. Dengan lembut dan perlahan, gerakkan kedua jari Anda dari sisi kiri perut bayi ke sisi kanan. Lakukan gerakan ini sebanyak 3-4 kali, dan bisa diulang 2 hari sekali selama 2 minggu atau hingga masalah perut kembung teratasi.

    Jangan lupa, selalu akhiri pijatan dengan sentuhan yang membuat bayi merasa tenang. Caranya mudah, letakkan telapak tangan Anda di atas perut bayi. Sentuhan lembut ini juga memperkuat bonding antara Anda dan Si Kecil, lho.


    Source : https://motherandbeyond.id/