Beberapa Alat Musik Yang Cocok dikenalkan Pada Anak Sejak Dini

  • Nah, berikut ini ada beberapa alat musik yang cocok Anda kenalkan pada anak sejak dini.

    A. Harmonika

    Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara ditiup. Berbeda dengan suling yang membutuhkan bantuan jari untuk menghasilkan nada, harmonika hanya butuh menghisap lubang-lubang dan meniupnya. Mengajarkan harmonika pada anak dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk bisa melatih konsentrasi dan ketepatannya ketika bermain. Anda tidak perlu takut bibir anak akan terluka, sebab harmonika biasanya dibuat dari bahan kayu berkualitas. 

    B. Piano dan Keyboard

    Ini adalah alat musik yang paling banyak dikenalkan oleh orang tua kepada anak sejak dini. Bermain piano atau keyboard terbukti bisa meningkatkan kemampuan otak anak untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan pendengaran anak, serta menangkap bahasa dengan lebih cepat. 

    C. Drum Tangan

    Drum tangan cocok Anda kenalkan kepada anak yang suka dengan suara nyaring. Cara menggunakan alat musik ini juga mudah, hanya dengan memukul atau menggerakan nya sedikit, maka sudah ada suara gemerincing yang nyaring dari lonceng di setiap sisi drum. Dengan alat musik ini, anak dapat belajar menentukan ritme kesukaannya dan merangsang indera pendengarannya.

    D. Marakas

    Marakas merupakan alat musik yang akan melatih gerak motorik dan kekuatan tangan serta jari anak. Alat musik ini biasanya terbuat dari kayu dengan pegangan yang halus sehingga aman untuk tangan anak. Di dalam alat musik ini berisi butiran-butiran kecil yang keras. 

    E. Suling

    Suling adalah alat musik yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Alat musik ini cocok untuk Anda kenalkan pada anak. Meskipun suling tampak sebagai alat musik yang mudah digunakan, karena hanya ditiup, namun nyatanya dibutuhkan kemampuan jari-jari agar suara yang keluar dari suling menjadi beraturan. Bermain suling akan membantu meningkatkan kemampuan koordinasi jari-jari anak loh. 

     

    Source : https://www.altaschool.id/