Manfaat Beraktivitas Diluar Rumah Bagi Anak

  • “Selain bermain di dalam rumah, banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan oleh anak di luar rumah. Artikel ini berisi informasi tentang berbagai aktivitas seru di luar rumah yang dapat Anda lakukan bersama anak”

    Banyak aktivitas di dalam rumah yang dapat dilakukan bersama anak-anak, seperti menonton tv, bermain game online, membaca buku, memasak dan lain sebagainya. Namun, tetap saja anak-anak akan merasa jenuh jika kegiatan tersebut dilakukan terlalu sering. Ada kalanya anak-anak sangat ingin bermain atau melakukan aktivitas lain di luar rumah.

    Nah, bermain di luar rumah sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ketika bermain atau beraktivitas di luar rumah. Manfaatnya antara lain adalah:

    1. Mendukung Kesehatan Fisik Secara Keseluruhan

    Melakukan aktivitas di luar rumah seringkali membuat anak lebih aktif secara fisik. Hal ini bisa mendukung perkembangan otot dan tulang anak. Selain itu, juga dapat membantu menurunkan risiko anak mengalami kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, serta diabetes. Jadi aktivitas di luar ruangan akan berdampak positif bagi kesehatan anak.

    2. Meningkatkan Kreativitas dan Keberanian Anak

    Ketika bermain atau beraktivitas di luar rumah, anak akan belajar banyak hal, diantaranya adalah kemampuan untuk menyelesaikan tantangan, melakukan negosiasi, mengatur strategi, menentukan prioritas, menerima penolakan, dan bahkan mengambil risiko. Semua hal tersebut, akan melatih anak untuk lebih berani dan kreatif.

    3.Mendukung Kesehatan Tulang, Kulit, Hingga Suasana Hati

    Melakukan aktivitas di luar rumah membuat anak mendapatkan paparan sinar matahari, yang bisa membantu tubuhnya merangsang produksi vitamin D. Paparan sinar matahari penting untuk perkembangan tulang dan sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, sinar matahari juga bisa membantu mengatasi masalah kulit pada anak, meningkatkan kualitas tidur, dan membuat mood anak menjadi lebih baik. 

    4. Membuat Anak Belajar Menghargai Alam

    Jika anak hanya hidup dengan komputer, gadget, televisi, dan tidak pernah bermain di luar, maka anak tidak akan bisa menilai betapa pentingnya dan berharganya alam yang ada di sekitar mereka.

    5. Mengurangi Risiko Mata Minus

    Anak yang menghabiskan waktu bermain atau melakukan aktivitas di luar ruangan dikatakan memiliki risiko lebih rendah mengalami mata minus. Anak-anak yang menghabiskan waktu bermain di dalam ruangan dikatakan lebih banyak yang mengalami mata minus. 

     

    Sumber:

    Pane, M.D.C. (2019), ‘Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak’, Alodokter.com, 13 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/yuk-ketahui-beragam-manfaat-bermain-di-luar-ruangan-bagi-anak

    Apriyono, F. (2015), ‘6 Aktivitas Luar Rumah Bersama Anak Selain ke Mal’, Liputan6.com, 26 Juni 2015 [daring] Available at: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2259310/6-aktivitas-luar-rumah-bersama-anak-selain-ke-mal

    Wahyu, A. (2019), ‘4 Aktivitas Seru untuk Berkemah Bersama Keluarga’, Orami.co.id, 19 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/4-aktivitas-seru-untuk-berkemah-bersama-keluarga/

    Rinso. ‘Kegiatan Olahraga Di Luar Bersama Keluarga’, Rinso.com, [daring] Available at: https://www.rinso.com/id/kotor-itu-baik/tips-orang-tua/kegiatan-olahraga-di-luar-bersama-keluarga.html

     

    Source : www.altaschool.id