Manfaat Gendongan M Shape

  • Nah, ada beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan ketika menggendong Si kecil dengan gendongan M Shape ini. Berikut daftarnya!

    1. Memudahkan Moms Bepergian dengan Si Kecil.

    Manfaat gendongan M Shape yang pertama adalah cara gendong ini cukup praktis dan mudah.

    Moms bisa pergi ke suatu tempat tanpa harus membawa kereta dorong dari satu tempat ke tempat lain. Sehingga, membuat tangan Moms bebas serta lebih mudah untuk mengambil barang secara lebih cepat juga membuat Si Kecil aman.

    2. Orang Lain Tidak akan Menyentuh Si Kecil

    Menggendong bayi bisa membuat Si kecil terlindungi dari tangan-tangan orang dewasa lain yang belum tentu bersih.

    Penasihat Laktasi Bersertifikat dan Pendidik Bayi Bersertifikat, Marta Ginter mengungkapkan orang-orang umumnya mencintai Si Kecil dan ketika menyukai sesuatu, mereka pasti ingin menyentuhnya.

    “Akan tetapi, bila tengah musim sakit seperti flu datang, tidak ada orangtua yang ingin anaknya disentuh secara acak.Tentunya, posisi yang Moms pilih lebih mudah untuk menjaga hal tersebut daripada membiarkan anak di kereta bayi,” ucapnya.

    Gendongan M Shape ini dapat membuat tubuh bayi lebih terlindungi dan tidak terlalu terekspos.

    3. Mampu Menenangkan Bayi

    Penelitian “Potential Therapeutics Benefits of Babywearing” oleh Robyn L. Reynolds Miller pada 2016 menyatakan, saat seorang anak disuntik dan lebih dulu digendong dengan gendogan M Shape selama 15 menit, maka berpotensi 85 jarang menangis dan 65 persen lebih jarang meringis menahan sakit.

    Bahkan, bayi dengan gendongan M Shape juga membuat tidurnya lebih nyenyak.

    Manfaat gendongan M Shape ini menunjukkan peningkatan ketahanan terhadap stres dan perkembangan psikomotorik pada usia 12 bulan.

    “Menggendong juga bermanfaat bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Karena mereka mencari stimulasi yang menenangkan diri. Saat menggendong, secara naluriah, kita akan mengayunkan gendongan,” ujar Miller

    4. Baik untuk Perkembangan Kognitif dan Sosial

    Nah, Moms ketika Si Kecil menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menangis, mereka pada gilirannya lebih banyak waktu untuk belajar dan berinteraksi dengan lingkungan mereka.

    Manfaat gendongan M Shape berikutnya ini baik untuk perkembangan kognitif dan sosialnya.

    Si Kecil yang digendong dengan baik juga dapat melihat apa yang dilihat orang tua mereka, mendengar apa yang orangtua mereka dengar atau katakan, dan secara keseluruhan lebih terlibat dalam kehidupan sehari-hari orang tua mereka.

    Sehingga, Si Kecil dapat meningkatkan pembelajaran dan pengembangan kognitif, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

    5. Kurangi Risiko Depresi Pascapersalinan

    Moms, penelitian menunjukkan menggendong bayi dapat mengurangi depresi pascapersalinan. Peningkatan kepercayaan diri ini dapat membantu transisi ke ibu, dan meningkatkan kesejahteraan mental ibu baru secara keseluruhan.

    Ditambah lagi, jika Moms menerapkan gendongan M Shape, ini dapat membantu Moms memecahkan isolasi sosial dengan membuatnya lebih mudah untuk berjalan-jalan, tetap aktif atau bertemu beberapa teman.

    Terakhir, hal tersebut juga meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk melakukan skin to skin dengan bayi Moms, yang penelitiannya terhubung dengan penurunan tingkat depresi pascapersalinan.

    6. Mengurangi GERD pada Bayi

    Manfaat gendongan M Shape selanjutnya adalah mengurangi Gastro-Esophageal Reflux atau GERD. Kondisi ini umum terjadi pada bayi.

    Saking umumnya, GERD ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun ketika GERD dialami oleh bayi, mereka pasti akan amat sangat rewel karena merasa tidak nyaman.

    Penelitian Allergy, Asthma & Immunology Research menyatakan bahwa dari 30 bayi yang diteliti pada posisi tegak versus posisi tiduran, bahwa bayi yang selalu berada pada posisi tegak gejala GERD seperti gumoh, muntah, batuk serta masalah pernafasan jauh lebih berkurang ketimbang bayi yang selalu berada pada posisi tiduran.

    Dan tentu saja, menggendong dengan posisi upright atau tegak bisa membantu bayi terhindar atau berkurang dari GERD ini.

    7. Mengurangi Risiko Kepala Peyang

    Manfaat menggendong bayi yang selanjutnya adalah mengurangi risiko peyang. Flat head atau yang sering dikenal dengan peyang adalah kondisi kepala bayi yang bentuknya tidak sempurna, ada bagian di salah satu sisinya yang datar, yang bisa mempengaruhi pertumbuhan otak anak.

    Dan posisi tidur menghadap satu sisi secara terus menerus pada bayi bisa meningkatkan resiko peyang. Apalagi bayi usia 1-12 minggu kerjanya memang tidur terus, ya, Moms.

     

    8. Membuat Ibu Lebih Nyaman

    Gendongan M Shape ini selain membuat Si Kecil terasa nyaman dan aman, ini juga memengaruhi bentuk tubuh ibunya, lho!

    Selain membuat tubuh bayi terasa lebih nyaman, gendongan M Shape juga membuat badan ibu tidak terasa pegal. Apalagi jika menggendong dengan tangan kosong, hal ini membuat sakit pada area tangan.

    Sementara menggendong dengan gendongan khusus membuat posisi tubuh ibunya lebih rileks. Hal ini karena beban Si Kecil yang terbagi di bahu dan pinggul akan meringankan beban.

    Menariknya lagi, gendongan M Shape juga membuat tubuh terasa lebih tegak.

    9. Menjaga Kesehatan Tulang Anak

    Cara gendong M Shape terbilang cukup baik untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang bayi.

    Dengan membiasakan gendongan M Shape, ini bermanfaat untuk menjaga dan membantu kesehatan tulang belakangnya.

    Sejak dalam kandungan, bayi membentuk tubuhnya menyerupai huruf C. Dengan menggendongnya dengan gendongan M shape, akan membuat tulang belakangnya tumbuh secara optimal dan terjaga.

    Cara gendong M Shape menjadikan cakram tulang belakang sebagai peredam, sehingga melindungi tulang belakang, otak, dan struktur tulang pada tubuh Si Kecil dengan baik.

    Selain itu posisi gendongan M Shape juga melatih perkembangan ototnya.

     

    Source: https://www.orami.co.id/