Penyebab Umum kulit kering pada bayi

  • Kulit kering pada bayi umumnya terlihat seperti kulit-kulit mengelupas dan terasa kasar saat disentuh. Masalah kulit ini pun dapat muncul di seluruh bagian tubuh mulai dari wajah, kaki, lutut, lengan, hingga siku.

    Keringnya kulit pada bayi bisa menjadi semakin parah ketika ia dibiarkan begitu saja tanpa memperoleh perawatan apapun. Kulit-kulit tidak lagi hanya mengelupas tetapi juga akan retak dan berdarah. Di mana kondisi berikut tergolong menyakitkan bagi bayi.

    Oleh karena itu, sebelum semakin parah, yuk ketahui penyebab kulit kering pada bayi karena mencegah lebih baik daripada mengobati!

    1. Kulit mengelupas setelah baru lahir

    Kulit mengelupas pada bayi yang baru lahir adalah proses alami dan tergolong normal. Biasanya kondisi berikut berlangsung selama 1-3 minggu. Jadi, Mom tidak perlu khawatir maupun terburu-buru membawanya ke dokter untuk permasalahan ini.

    2. Cradle cap

    Cradle cap adalah tumpukan kulit keras seperti sisik pada kulit kepala bayi. Cradle cap merupakan salah satu masalah kulit kering bayi yang alami.

    Di mana kondisi ini tidak memerlukan perawatan khusus. Mom hanya butuh mengeramasi rambut si kecil dengan rutin dan menyisir sisiknya.

    3. Terlalu sering terpapar oleh air

    Mom, apakah Anda sering memandikan si kecil menggunakan air panas lebih dari 15 menit? Mulai sekarang, jangan diulangi lagi, ya. Sebab air panas mampu mengikis minyak alami pada kulit bayi apalagi jika dilakukan dalam durasi yang lama.

    4. Suhu ekstrim

    Suhu dingin atau panas ekstrim rupanya juga menjadi penyebab keringnya kulit pada. Suhu ekstrim mampu mampu menurunkan kelembaban sehingga kulit bayi mudah menjadi kering. Contohnya yaitu saat musim kemarau hingga penggunaan AC dengan suhu terlalu rendah.

    5. Pemakaian pelembab bayi yang mengandung alkohol

    Mom tentu sudah tahu bukan jika alkohol dapat membuat kulit kering? Yup, bahan berikut rupanya terkadang dapat ditemui pada pelembab anak. Faktanya, kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan kulit dan menjadi penyebab kulit kering pada bayi.

    6. Eksim

    Kulit kering selanjutnya disebabkan oleh penyakit bernama eksim. Dermatitis atopik atau eksim adalah kondisi kulit kering disertai gatal-gatal dan bercak merah.

    7. Ichthyosis

    Ichthyosis adalah masalah genetik berupa kulit kering kemerahan yang biasa disertai dengan penebalan kulit bagian telapak tangan dan kaki.

     

    Source: https://www.ruangmom.com/