Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia

  • 1. Usia 0 - 6 bulan

    Sebenarnya, pertumbuhan gigi pada bayi sudah dimulai sejak masih di dalam kandungan dan terbentuk ketika usianya masuk enam minggu. Kemudian, ketika usia kandungan masuk 3-4 bulan, akan terbentuk jaringan sebagai cikal bakal gigi yang tumbuh. Gigi ini akan baru akan terlihat nyata ketika ia lahir dan masuk usia 4-7 bulan.

     

    2. Usia 6 Bulan

    Setelah “bersembunyi”, gigi Si Kecil akan mulai muncul di usia 3 bulan. Namun, umumnya gigi ini baru akan muncul ketika ia masuk usia 6 bulan. Gigi Si Kecil ini unik, karena biasanya tumbuh secara berpasangan. Mulai dari gigi seri bawah dan atas tengah hingga mencapai 4 buah biji. Lalu saat usianya masuk 12 bulan, giginya akan bertambah menjadi 8 buah gigi.

    Jika ternyata Buah Hati ibu mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi, tidak perlu khawatir. Ada pula bayi yang baru menunjukkan pertumbuhan gigi ketika usianya masuk 9 bulan bahkan lebih. Perkembangan pertumbuhan gigi itu dipengaruhi oleh asupan gizi seperti kalsium yang cukup ketika hamil.

     

    3. Usia 12 - 16 Bulan

    Pada usia 16 bulan, pertumbuhan giginya berjalan baik maka ia sudah akan memiliki 12 gigi yang terdiri dari delapan gigi seri dan geraham bawah 4 buah. Umumnya, pada fase pertumbuhan gigi ini, ia akan menjadi lebih rewel. Pasalnya, ada rasa nyeri di gusi sehingga mengganggu kenyamanannya. Pada beberapa kasus bahkan ia kehilangan nafsu makan sehingga pencernaannya pun terganggu.

     

    4. Usia 16 - 24 Bulan

    Pada usia ini, gigi taring si kecil pun mulai tumbuh. Jika awalnya berjumlah 12, maka kini giginya akan berjumlah 16 gigi. Gigi taring berfungsi untuk mengoyak makanan, sedangkan gigi geraham kecil berguna untuk melumatkan makanan.

     

    5. Usia 2 - 4 Tahun

    Pada usia ini, ibu boleh bangga karena gigi susu Si Kecil yang biasanya berjumlah 20 gigi sudah tumbuh lengkap. 10 di atas dan 10 di bawah, jadi butuh perawatan sama halnya seperti gigi orang dewasa. Biasakan Si Kecil untuk rutin menggosok gigi, dua kali sehari dan sebelum tidur. Ini untuk menghindari masalah gigi yang mungkin muncul di kemudian hari. Pemeriksaan ke dokter gigi pun dibutuhkan setidaknya enam bulan sekali agar kesehatan gigi dan mulutnya selalu terjaga.

     

    Souce : halodoc