Cara Membersihkan & Mensterilkan Botol Susu Bayi, Ibu Wajib Tahu

  • Adapun cara mencuci dan sterilisasi botol bayi seperti dilansir NHS UK adalah sebagai berikut;


    Cuci dengan air panas
    Sebelum membersihkan dan mensterilkan botol susu Si Kecil, hal pertama yang perlu Ibu lakukan adalah mencuci tangan. Kemudian bersihkan botol, dot, dan peralatan makan lainnya dengan sabun dan air panas sesegera mungkin setelah menyusui.

    Gunakan sikat botol yang bersih untuk membersihkan botol dan sikat dot kecil untuk membersihkan bagian dalam dot. Ibu juga bisa membalikkan bagian ujung dot lalu mencucinya dengan sabun dan air panas.

    Penting untuk diingat, jangan gunakan garam untuk membersihkan ujung dot karena bisa berbahaya bagi Si Kecil. Ibu juga dapat meletakkan peralatan makan si kecil di mesin pencuci piring untuk membersihkannya. Tapi ingat, metode dengan mesin ini hanya membersihkan dan namun tidak mensterilkannya. 

    Pastikan botol, tutup dan dot menghadap ke bawah. Bilas semua peralatan yang sudah dicuci dengan air bersih yang mengalir dingin sebelum mensterilkan botol susu.

    Cara mensterilkan botol susu Si Kecil

    Meskipun botol dan dot terlihat bersih, masih memungkinkan adanya kandungan kuman. Jadi, penting untuk Ibu mensterilkan peralatan menyusui dengan benar. Melansir Pregnancy Birth Baby, ada tiga metode yang bisa Ibu praktekkan di rumah untuk mensterilkan botol susu si kecil. Dengan cara direbus dengan air mendidih, sterilisasi uap, dan sterilisasi kimiawi.

     

     

     

     

    Sumber : Haibunda.com