Cara Merawat Kebersihan Mulut Bayi Baru Lahir

  • Mulut bayi memiliki lebih sedikit air liur dibandingkan orang dewasa. Itu sebabnya bakteri lebih mudah bersarang dalam mulut si Kecil. Maka, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara membersihkan mulut bayi dari sisa-sisa susu atau makanan demi menjaga kesehatan gigi si Kecil. Lantas bagaimana cara membersihkan mulut bayi yang benar? Berikut ulasan selengkapnya.

     

    Cara membersihkan mulut bayi yang benar

    Membersihkan mulut bayi artinya Anda membersihkan gigi hingga lidah si Kecil untuk menjaga kebersihan mulutnya.Cara membersihkan lidah dan gigi bayi serta seluruh pelosok mulutnya yang bisa Anda ikuti adalah:

     

    1. Cara membersihkan mulut bayi baru lahir hingga usia 6 bulan

    Penting untuk mempraktikkan kebiasaan sehat membersihkan gigi bayi untuk mencegah atau mengurangi kerusakan gigi pada bayi dan anak. Dikutip dari situs Departemen Kesehatan Amerika Serikat, cara membersihkan gigi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan adalah sebagai berikut:

    • Gendong bayi dengan satu tangan.
    • Bungkus jari telunjuk Anda dengan waslap yang telah dibasahi.
    • Pijat jaringan gusi dengan lembut.
    • Jika bayi sudah memiliki gigi, gosok secara perlahan permukaan gigi bayi.
    • Usap dengan lembut lidah bayi yang tampak putih karena sisa ASI atau susu.

    Pada usia 4 hingga 6 bulan, bayi mulai tumbuh gigi yang membuat gusi mereka merah dan bengkak serta produksi air liur meningkat.Sebagai cara menyiasatinya, Anda bisa menggunakan waslap yang telah direndam air dingin untuk membersihkan mulut bayi. Suhu dingin dapat meringankan rasa nyeri di mulut saat bayi sedang tumbuh gigi.

     

    Waktu terbaik untuk membersihkan mulut bayi

    Dikutip dari Tooth Club, saat bayi masih menyusu, Anda bisa menyeka mulut termasuk lidah mereka setiap malam untuk membersihkan residu susu. Ketika bayi sudah berusia 6 bulan dan telah memasuki masa MPASI, Anda dapat membersihkan mulut bayi setiap setelah selesai makan terakhir di hari itu.Jika bayi minta susu sebelum tidur padahal mulutnya telah dibersihkan, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan air putih. Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak memberikan air putih pada bayi usia di bawah 6 bulan.Alternatifnya, biasakan mereka tidur kembali tanpa menyusu dengan menepuk-nepuk punggung mereka.

     

    Source : https://klinikrespirasimalang.com/