Cara Mengatasi Cluster Feeding

  •  

    1. Menyusui Sesuai Permintaan

    Cara pertama bila bayi Mama mengalami cluster feeding adalah dengan terus menyusui sesuai permintaan bayi. Memberikan jadwal atau memberi jeda saat menyusui bayi yang sedang mengalami cluster feeding hanya akan mengacaukan rutinitas menyusu bayi, bahkan memberi dampak negatif pada psikis bayi.

    Seperti yang kita ketahui, semakin banyak payudara dikosongkan, maka tubuh Mama akan semakin banyak memproduksi ASI. Oleh karena itu, menyusui sesuai permintaan merupakan cara yang efektif untuk menjaga, serta meningkatkan jumlah produksi ASI Mama. Jadi, Mama dapat menyusui bayi sebanyak yang mereka mau karena hal ini sangat bermanfaat, baik untuk Mama, maupun Si Kecil.

    2. Memerah ASI

    Pada kondisi normal, sebaiknya Mama rutin memerah ASI setiap dua jam sekali dengan durasi 20 menit per payudara. Namun, jika bayi Mama mengalami cluster feeding, Mama dapat Memerah ASI sambil menyusui. Apabila bayi menyusu di payudara kiri, Mama dapat memerah payudara kanan. Hal ini membantu Mama mengosongkan payudara sehingga produksi ASI meningkat.

    3. Melatih Posisi Menyusui

    Dengan terjadinya cluster feeding, maka Mama akan sangat sering menyusui bayi. Hal ini dapat meningkatkan risiko puting nyeri dan badan pegal-pegal. Sebaiknya, Mama mencoba berbagai posisi menyusui hingga menemukan posisi yang paling nyaman untuk Mama dan Si Kecil. Selain dapat mengurangi pegal-pegal dan nyeri puting, posisi menyusui yang tepat juga memudahkan bayi mendapatkan ASI sehingga bayi dapat mengonsumsi lebih banyak ASI, serta meningkatkan produksi ASI Mama.

    4. Mengonsumsi Banyak Air

    Pastikan agar Mama tetap terhidrasi di masa-masa cluster feeding, ya, Ma… Selain meningkatkan produksi ASI, Mama juga perlu mencukupi salah satu bahan baku pembuatan ASI, yaitu air . Kebutuhan air setiap Mama akan berbeda-beda, namun pada umumnya, dilansir dari Alodokter, Mama yang sedang menyusui memerlukan 10-12  gelas air per hari. Mama dapat memenuhi kebutuhan ini dengan rutin minum segelas air setiap kali selesai menyusui.

    5. Menjaga Pola Tidur

    Cluster feeding ditambah dengan rewelnya bayi yang baru lahir tentu akan menyita banyak sekali waktu dan tenaga Mama. Sebisa mungkin sempatkan waktu untuk tidur dan memulihkan energi, ya, Ma… Hal ini dapat Mama lakukan dengan cara ikut tidur ketika bayi Mama sedang tidur.

    6. Menjaga Pola Makan

    Untuk memproduksi banyak ASI, Mama memerlukan tambahan 500 kalori per hari. Sebaiknya, Mama mengonsumsi bahan-bahan makanan yang sehat dan tinggi kalori. Mama juga dapat menambahkan camilan-camilan sehat untuk memenuhi kebutuhan kalori tersebut.