Alasan Bayi Sering Menarik Rambut Sendiri

  • Suatu kebiasaan yang sering dilakukan bayi umumnya bisa menjelaskan kondisi yang Si Kecil alami saat ia melakukan hal tersebut. Meski pada awalnya terlihat menggemaskan, namun jika hal tersebut semakin sering ia lakukan, mungkin saja itu bisa membuat Moms menjadi khawatir.

    Salah satunya adalah ketika bayi Anda mulai menarik-narik rambutnya sendiri. Karena terlalu sering dilakukan, tanpa sadar Moms pun akan menghalangi kebiasaan yang terlihat menyakitkan ini. Padahal, Si Kecil menarik rambutnya sendiri karena alasan tertentu dan ia berusaha untuk memberi tahu Anda soal ini lho, Moms!

    Ya, seperti dilansir dari situs Romper, setidaknya ada beberapa penyebab bayi Anda suka menarik-narik rambutnya sendiri, yakni:

    1. Merasa terganggu

    Bayi tentu bisa merasakan stres atau tertekan pada suatu hal yang ditandai dengan mulai menarik-narik rambutnya sendiri. Hal ini wajar terjadi karena perasaan terganggu akibat lingkungan sekitar atau adanya orang asing yang mencoba berinteraksi dengannya. Kebiasaan ini ia lakukan sebagai cara untuk menyamankan diri, berpikir, serta berusaha beradaptasi dengan membangun rasa percaya diri.

    2. Tanda bayi lelah

    Moms mungkin pernah melihat Si Kecil menarik rambutnya saat ia tampak lelah. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa ia mengantuk dan perlu beristirahat sesegera mungkin. Tanda lainnya, mungkin bayi Anda sudah sangat lelah hingga timbul rasa kesal atau mungkin saja ia merasa takut, karena kebiasaan ini diiringi dengan tangisan yang menunjukkan ketidaknyamanannya pada situasi yang ia alami.

    3. Pengaruh perkembangan motorik

    Perkembangan motorik yang dialami bayi membuatnya semakin gemar menggenggam atau menarik sesuatu di dekatnya, termasuk rambutnya sendiri. Selama ia belum menemukan sesuatu yang mampu mengalihkan perhatiannya dalam menggerakkan tangan, maka rambut pun menjadi target yang akan ia tarik terus-menerus.

    4. Mencari hal yang menarik

    Ketika bayi mulai menarik-narik rambutnya, bisa jadi Si Kecil sedang mencari sesuatu yang hendak ia pelajari. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Jen Trachtenberg, seorang dokter anak dan penulis buku Pediatrician in Your Pocket. Ia menyebutkan bahwa bayi yang menarik rambutnya sedang mencari hal yang menarik dan seru sesuai dengan instingnya untuk bisa ia mainkan atau ia pelajari.

    5. Gejala trichotillomania

    Kebiasaan bayi menarik rambut juga bisa menjadi gejala ia mengalami trichotillomania, yaitu kondisi seseorang yang memiliki dorongan untuk menarik rambut di kepala, tangan, alis, ataupun bulu mata. Kondisi ini sebenarnya sangat jarang terjadi dan hal ini perlu mendapatkan penanganan medis yang tepat dari dokter.

    Cara mencegah kebiasaan bayi menarik-narik rambutnya

    Hal yang penting untuk diingat adalah Moms tak perlu memaksa bayi untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Jika Anda merasa kebiasaan Si Kecil menarik rambutnya sendiri ini bisa membahayakan, Anda hanya perlu mengalihkan perhatiannya.

    Berikan Si Kecil mainan atau benda yang bisa membuatnya jadi fokus dengan mainan atau benda tersebut. Moms juga bisa mengajaknya berbincang, membacakan buku, atau bermain dengannya, sehingga ia kemudian melupakan kebiasaannya menarik rambut.

     

    Source : https://motherandbeyond.id/