Bagaimana Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita?

  • Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita

    Kesuburan merupakan kondisi dimana laki-laki atau perempuan mampu untuk menghasilkan keturunan. Secara konvensional, menghasilkan keturunan dapat terjadi jika pasangan melakukan hubungan seksual, tetapi kesuburan dapat dicapai dengan berbagai jenis bantuan. Bantuan yang dimaksud bisa dalam bentuk mengatur pola makan, kesehatan tubuh, dan memantau masa subur, terutama bagi wanita. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kesuburan wanita? Berikut penjelasan lengkapnya!

    Makanan untuk Kesuburan Wanita

    Cara meningkatkan kesuburan wanita dimulai dari menjaga asupan makanan. Makanan untuk kesuburan wanita merupakan salah satu hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Tanpa disadari, makanan yang dimakan sehari-hari mampu memengaruhi kesuburan pada wanita. Ada beberapa makanan yang kaya nutrisi dan dipercaya dapat mendukung kesuburan pada wanita, yaitu:

    1. Buah bit
      Buah bit diketahui memiliki kandungan nitrat yang berguna sebagai vasodilator. Vasodilator dapat membantu dalam melebarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lebih besar ke rahim dipercaya mampu membantu implantasi embrio. Maka dari itu, buah bit diketahui mampu meningkatkan kesuburan wanita.
    2. Asparagus
      Asparagus disebut sebagai sayuran dengan kandungan asam folat yang penting untuk wanita. Kandungan asam folat dapat membantu wanita untuk hamil. Selain asam folat, asparagus juga memiliki kandungan vitamin K yang diperlukan dalam penyerapan nutrisi sehari-hari. Ada juga vitamin A, glutathione, yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas telur.
    3. Alpukat
      Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin E, tinggi potasium, folat dan vitamin K. Kandungan dalam alpukat dipercaya mampu membantu memperbaiki lapisan pada rahim. Alpukat adalah makanan untuk kesuburan wanita yang cukup disarankan.
    4. Ubi jalar
      Ubi jalar mengandung beta-karoten yang diketahui mampu membantu meningkatkan produksi hormon progesteron pada wanita. Kandungan beta-karoten ini dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Ubi jalar merupakan makanan yang sehat dan mudah untuk ditemukan.
    5. Telur
      Telur merupakan makanan yang melambangkan kesuburan dan mampu memberikan efek signifikan pada perkembangan janin. Telur, terutama pada bagian kuningnya, memiliki kandungan zat besi, kalsium, seng, vitamin B6, folat dan vitamin B12. Kandungan vitamin yang kaya mampu membantu meningkatkan kesuburan wanita.

    Ciri-ciri Wanita Subur dari Fisik

    Ciri-ciri wanita subur dari fisik dapat dilihat dan dirasakan oleh wanita itu sendiri. Beberapa ciri-ciri yang muncul pada masa subur atau ovulasi adalah suhu basal tubuh akan meningkat, lendir serviks menjadi lebih jernih, tipis, dan licin. Selain itu, payudara akan menjadi lebih peka akan rangsangan, muncul rasa kembung, dan kram. Tetapi, tanda-tanda fisik tersebut tidak semuanya dapat diartikan sebagai tanda ovulasi sehingga perlu juga pemantauan mandiri melalui kalender atau aplikasi khusus.

    Cara Mengecek Kesuburan Wanita Secara Alami

    Setelah mengetahui cara meningkatkan kesuburan wanita, sekarang kita kenali cara mengecek masa subur. Cara mengecek kesuburan wanita secara alami dapat dilakukan dengan pemeriksaan suhu tubuh basal, melacak kalender bulanan, dan menggunakan perangkat prediktor ovulasi. Cara-cara tersebut dijelaskan lebih lengkap pada ulasan berikut:

    1. Struktur lendir serviks
      Serviks akan menghasilkan lendir selama siklus menstruasi. Tetapi, konsistensi dan kualitas lendir akan berubah-ubah tergantung pada siklus menstruasi. Ketika lendir serviks cair, jernih atau bening, berlimpah dan elastis, seperti putih telur, maka kemungkinan besar wanita sedang dalam fase ovulasi. Memeriksa struktur lendir serviks merupakan metode terbaik untuk wanita yang mengalami ketidakteraturan fase menstruasi.
    2. Suhu tubuh basal
      Memeriksa suhu tubuh basal atau suhu ketika baru bangun tidur di pagi hari merupakan salah satu metode untuk mengenali fase ovulasi pada wanita. Suhu tubuh pada pagi hari di fase ovulasi biasanya akan meningkat dibandingkan dengan hari-hari lain dari siklus menstruasi. Suhu ini benar-benar harus diukur sebelum segala bentuk aktivitas dilakukan.
    3. Melacak kalender bulanan
      Melacak siklus menstruasi merupakan hal yang penting untuk mengetahui kapan masa subur itu tiba. Banyak yang meyakini bahwa wanita akan memasuki fase ovulasi 12-14 hari sebelum dimulainya periode menstruasi berikutnya. Setiap perubahan pada tubuh juga perlu untuk dicatat dan dilacak supaya lebih tepat dalam menandai fase ovulasi.

     

    Source : https://ciputrahospital.com/