Tips Membuat Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

  • Menjadi orangtua baru tentu bukan perkara mudah. Apalagi jika kita diharuskan berhadapan dengan momen di mana buah hati yang baru lahir mengajak begadang di malam hari. Selama ini banyak kasus di mana bayi rentan rewel di malam hari. Tidak sedikit bayi yang kesulitan tidur nyenyak di malam hari meski sudah mendapat asupan ASI (Air Susu Ibu) cukup sebelum ia tertidur. 

    Tak seperti orang dewasa, pola tidur bayi masih belum teratur. Ini yang akhirnya membuat ibu bayi harus rela begadang demi menyusui bayi atau sekedar menemaninya dengan menggendong bayi dan memastikan bayi nyaman serta tenang. Menurut para ahli, bayi memang belum bisa membedakan mana siang dan mana malam. Inilah yang kemudian membuatnya sering terbangun saat malam. 

    Mengenai hal ini, kira-kira apa sih tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari? Mengutip dari laman parents.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar bayi tidur lebih nyenyak dan nyaman di malam hari.

    Segera Tenangkan Bayi Saat Menangis

    Usahakan untuk sesegera mungkin menenangkan bayi yang menangis. Segera susui atau gendong bayi saat ia mulai menangis. Bayi yang terlanjur terbiasa sering menangis akan rentan rewel dan mengajak begadang baik di siang maupun malam hari. Bayi yang rewel akan kesulitan mendapatkan kenyamanan saat tidur.

    Ciptakan Kebiasaan Tidur yang Nyaman dan Tenang

    Ciptakan kebiasaan tidur yang nyaman dan tenang pada bayi. Ajak bayi untuk tidur di waktu tidur. Usahakan agar tempat tidur bayi nyaman, tidak dingin dan tidak panas. Pastikan juga tempat tidur bayi bersih dan jauh dari kebisingan. Suasana tempat tidur yang nyaman akan membuat bayi juga merasa nyaman dan lebih nyenyak saat tertidur.

    Iringi Tidur Bayi dengan Suara yang Stabil

    Hindari menidurkan bayi di tempat yang terlalu bising. Agar bayi merasa lebih tenang dan tidur lebih nyenyak, iringi tidurnya dengan suara-suara yang stabil misal suara kipas angin, suara musik pengantar tidur, suara mengaji atau suara yang menyamarkan suara bising atau suara keras di sekitarnya.

    Bayi Tidur dengan Perut Kenyang

    Usahakan agar bayi tertidur dengan perut kenyang. Sebelum tidur, beri asupan ASI yang cukup. Menyusui secara langsung sambil menemani bayi tidur akan membuatnya merasa lebih nyaman dan nyenyak dalam tidurnya.

    Ajak Bayi Aktif di Siang Hari

    Usahakan untuk mengajak bayi Mom lebih aktif di siang hari. Bayi yang aktif di siang hari akan merasa lelah dan mengantuk di malam hari sehingga tidurnya akan lebih nyenyak. Ini berbeda dengan bayi yang terlalu banyak tidur di siang hari. Ia akan lebih rentan susah tidur di malam hari.

    Mandi Sebelum Tidur

    Tubuh yang bersih dan wangi akan membuat bayi merasa lebih nyaman. Beberapa bayi yang selesai mandi juga akan lebih mudah mengantuk dan memiliki kualitas tidur yang baik. Saat tidur pastikan bayi memiliki tubuh, pakaian dan tempat tidur yang bersih serta kering. Ganti popok bayi sesering mungkin untuk membuatnya merasa nyaman dan tidur lebih nyenyak. 

    Itulah beberapa tips agar bayi tidur lebih nyenyak di malam hari. Semoga tips ini bermanfaat.

     

    Source : https://www.fimela.com/