Manfaat Olive Oil Bayi Kuli Bayi

  • Apa saja manfaat minyak zaitun untuk kulit bayi?

    Sudah bertahun-tahun lamanya minyak zaitun dikenal bermanfaat baik sebagai alternatif minyak untuk memasak sekaligus merawat kealamian kulit dan rambut. Uniknya, tidak hanya bisa digunakan oleh orang dewasa saja, minyak zaitun juga dipercaya aman untuk dijadikan perawatan kulit si kecil.

    1. Sebagai minyak pijat

    Jika Anda terbiasa untuk memijat si kecil usai memandikannya, penggunaan minyak zaitun bisa jadi salah satu pilihan yang baik. Bukan tanpa alasan, ini karena minyak zaitun kaya akan vitamin E serta asam oleat yang membuatnya mampu membantu memperbaiki tulang dan otot sekaligus menjaga kulit bayi tetap kencang.

    Pijat si kecil secara perlahan mulai dari badan, wajah, tangan, dan berakhir di bagian kaki. Selain bisa memanjakannya melalui kegiatan ini, juga akan memperkuat ikatan Anda dan si kecil.

    2. Melembapkan kulit

    Tugas utama kulit adalah sebagai penghalang paling luar dari debu dan kotoran yang berusaha masuk ke dalam tubuh. Itu sebabnya bila tidak dirawat dengan baik maka kulit bayi akan mudah rusak dan kehilangan kelembapannya.

    Di sinilah peran minyak zaitun untuk kulit bayi, yakni sebagai pelembab alami guna membantu menjaga tekstur alami kulit buah hati Anda.

    3. Merawat kulit kering

    Tidak bisa dipungkiri, meski bayi memiliki kulit yang halus nan lembut, pergantian suhu dan cuaca ekstrem juga bisa mengubah tekstur kulit bayi dengan cepat. Bahkan, kulit si kecil berisiko lebih mudah kering daripada kulit orang dewasa.

    Bila tidak segera ditangani, kondisi ini dapat mengganggu aktivitasnya yang membuat bayi jadi mudah rewel dan sulit ditenangkan. Akhirnya, Anda yang akan dibuat pusing sendiri karena si kecil terkesan tidak mau diatur sepanjang hari.

    Nah, salah satu cara mengatasinya bahkan mencegah sebelum kulit bayi benar-benar kering adalah dengan membalurkan minyak zaitun ke area kulit bayi yang kering. Efek hidrasi dan kelembapan yang dihasilkan oleh minyak zaitun mampu menjaga kulit bayi tetap halus.

    4. Mengatasi kulit yang bermasalah

    Kulit punya lapisan terluar bernama epidermis yang harus bekerja keras untuk menjaga struktur kulit dan organ di bawahnya. Sayangnya, lapisan epidermis yang dimiliki kulit bayi masih sangat tipis sehingga membuatnya cukup sensitif dan mudah bermasalah.

    Salah satu yang mungkin sering si kecil alami adalah eksim dan ruam popok, entah karena kulit yang sensitif ataupun akibat terlalu sering terkena gesekan popok. Ternyata, campuran dua sendok minyak zaitun dan satu sendok air bisa membantu memulihkan masalah kulit bayi.

    Selanjutnya, gosokkan campuran tersebut pada kedua tangan Anda dan usapkan perlahan di bagian kulit yang mengalami ruam.

     

    Source : https://hellosehat.com/