Usia Ideal Anak Mulai Berbicara

  • PERKEMBANGAN bicara bayi seringkali menjadi tolak ukur kecerdasan mereka. Tak heran, banyak orang tua khawatir jika buah hati mereka mengalami speech delay atau keterlambatan bicara.

    Sebenarnya, kapan idealnya bayi mulai belajar bicara?

    Dilansir dari Metro.co.uk, tidak ada tolak ukur yang pasti kapan bayi seharusnya mulai bicara. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan bayi Anda berkembang sesuai dengan waktunya. Umumnya, bayi akan mulai belajar bicara pada usia 6 bulan-2 tahun. Namun, hal tersebut tidak selalu berjalan demikian.

    Ini karena setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Bayi cenderung menyerap apa yang ada di lingkungan sekitar mereka, jadi mereka akan mendengarkan dan belajar dari interaksi yang Anda lakukan dengan orang lain dan mereka sendiri.

    Sedangkan jumlah waktu yang dibutuhkan bayi untuk bisa merangkai dua sampai empat kalimat kata adalah antara 18 bulan sampai dua tahun. Sebelum mereka bisa merangkai kata, bayi akan mengoceh, mencoba menyesuaikan lidah dan mulut agar terbiasa membentuk kata-kata.

    Tak sedikit bayi sudah bisa mengucapkan kata pertama mereka pada usia 12 bulan. Namun, jika bayi masih belum juga mulai belajar bicara, tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter.

    Sumber: https://mediaindonesia.com/humaniora/148032/usia-berapa-idealnya-bayi-mulai-bisa-bicara