Bagaimana Cara Membuat ASI Meningkat

  • ASI seret sering kali menjadi persoalan bagi ibu yang baru melahirkan. Jadi, Moms harus memahami cara memperbanyak ASI.

    Dalam beberapa minggu pertama, biasanya ibu menghasilkan lebih banyak ASI daripada kebutuhan bayi mereka.

    Namun, ini menjadi kekhawatiran beberapa ibu jika hasil pemeriksaan berat badan bayi tidak begitu menggembirakan dan jumlah ASI yang mereka produksi tidak selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi.

    Diana West, International Board-Certified Lactation Consultant (IBCLC) atau Konsultan Laktasi Bersertifikat Dewan Internasional dan penulis buku The Breastfeeding Mother's Guide to Making More Milk (2008) mengatakan bahwa perubahan dalam teknik menyusui atau bantuan dari ahli menyusui dapat membantu menemukan penyebab ASI seret dan menjadi solusi untuk memperbanyak ASI secara signifikan.

     

    Cara Memperbanyak ASI secara Alami

     

    Berikut adalah cara memperbanyak ASI yang bisa membantu Moms menyusui bayi:

    1. Pastikan Bayi Menyusui secara Efisien

    Bayi yang mengantuk, penggunaan pelindung puting susu atau berbagai masalah kesehatan atau anatomis pada bayi juga dapat mengganggu kemampuan bayi untuk menyusu.

    2. Sering Menyusui

    Terutama selama bayi masih menyusui secara aktif, setidaknya 8 kali menyusui dalam waktu 24 jam. Hal ini karena semakin banyak menyusui, semakin banyak pula ASI yang dihasilkan payudara Moms.

    3. Tawarkan Kedua Sisi Payudara Setiap Kali Menyusui

    Biarkan bayi menyelesaikan sisi pertama, lalu tawarkan sisi kedua. Stimulasi saat kedua payudara disusui dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

    Memompa ASI dari kedua payudara secara bersamaan juga dapat menjadi cara memperbanyak ASI dan menghasilkan kandungan lemak yang lebih tinggi pada ASI.

    4. Hindari Dot dan Botol Bila Memungkinkan

    Utamakan agar kebutuhan ASI tetap terpenuhi.

    5. Hanya Berikan ASI Eksklusif

    Sebaiknya hindari semua bahan padat, air, dan susu formula jika bayi berusia kurang dari 6 bulan, dan pertimbangkan untuk mengurangi makanan padatan jika bayi lebih besar.

    6. Merawat Diri

    Beristirahat, tidurlah saat bayi tidur. Moms juga harus rileks. Minum banyak air dan makanan yang cukup seimbang agar produksi ASI dari Moms meningkat.

    7. Pertimbangkan untuk Memompa ASI

    Memompa sangat penting saat bayi tidak menyusui secara efisien atau cukup sering, dan membantu mengatasi penyebab ASI seret.

    Cobalah memompa setiap kali Moms memiliki sisa susu setelah menyusui, bayi melewatkan jam menyusui, atau jika bayi Moms telah mendapat sebotol ASI atau susu formula.

    8. Pertimbangkan Saran Dokter

    Bila memungkinkan, konsumsilah ramuan, obat resep, dan lain-lain yang meningkatkan suplai susu.

     

    Source : https://www.orami.co.id/