Mandi ASI untuk Bayi, Bermanfaat Kah?

  • ASI layak mendapat julukan 'emas cair'. Karena mampu memberi nutrisi pada bayi baik dari dalam maupun luar. ASI mengandung 3 hingga 5 persen lemak, protein 0,8 hingga 0,9 persen, karbohidrat 6,8 hingga 7,2 persen, dan vitamin dan mineral 0,2 persen.

    Kandungan lemak dalam ASI termasuk lemak yang merupakan bahan utama kosmetik seperti pelembap kulit. Lemak ini juga sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut. Karena itu, mandi air susu ibu sangat bermanfaat bagi bayi.

    Selain itu, memandikan bayi dengan ASI membantu menyembuhkan masalah kulit seperti eksim, cradle cap, psoriasis, luka kecil, dan luka bakar.

     

    6 Manfaat Mandi ASI

    Berikut ini beberapa manfaat mandi ASI untuk bayi:

    • Menyembuhkan jerawat kecil dan bintik-bintik di badan bayi

    ASI mengandung asam laurat yang merupakan asam lemak yang juga ditemukan dalam minyak kelapa. Asam laurat memiliki sifat antibakteri dan dapat melawan jerawat. Juga membantu mengurangi bintik-bintik dan perubahan warna pada kulit. Beberapa bayi mengalami jerawat karena adanya hormon Mama dalam darah mereka. Jerawat akibat hormon ini dapat disembuhkan dengan memandikan bayi setidaknya dua kali seminggu dengan ASI.

    • Melembabkan kulit kering dan mengurangi gatal

    ASI mengandung asam palmitat, asam lemak jenuh, yang merupakan pelembab yang sangat baik. Selain itu juga juga mengandung asam lemak omega yang disebut asam oleat yang ditemukan dalam jaringan tubuh manusia. Asam oleat melembabkan dan menyembuhkan kulit kering, dan melawan penuaan.

    Kandungan lain dari ASI adalah asam vaksin, yang melindungi dan memberi nutrisi pada kulit. Asam linoleat adalah unsur lain dari ASI yang melembabkan, mencerahkan bintik-bintik, dan meminimalkan peradangan. Jadi, mandi ASI dapat menyembuhkan kulit kering dan mengurangi gatal pada bayi.

    • Menyembuhkan luka bakar kecil dan gigitan serangga

    ASI mengandung antibodi Immunoglobulin-A yang melawan bakteri berbahaya dan menyembuhkan infeksi. Oleh karena itu, mandi air susu ibu dapat menyembuhkan luka bakar ringan, luka, dan goresan. Ini juga bisa meredakan rasa sakit dan iritasi akibat gigitan serangga.

    • Mengatasi ruam popok dan iritasi kulit

    Antibodi dalam ASI dapat menyembuhkan ruam popok. Mandikan bayi dengan ASI sekali atau dua kali seminggu untuk menenangkan kulit yang mengalami radang.

     

    Source: www.popmama.com