Manfaat Mandi Bagi Tumbuh Kembang Byi

  • Mandi menjadi bagian perawatan bayi yang amat penting. Dengan mandi, tubuh bayi akan bebas dari kotoran dan kuman yang bisa menyebabkan gangguan kulit, seperti biang keringat atau ruam.

     

    Sebagian bayi akan sangat menyukai aktivitas mandi dengan segala ritual sebelum dan sesudahnya. Namun, sebagian lagi mungkin kurang menyukainya sehingga Moms membutuhkan waktu untuk membujuk Si Kecil mandi.

    Apa pun kondisinya, pada akhirnya, ritual mandi akan menyenangkan baginya. Ayo, ajak bayi Anda mandi, Moms. Ini manfaat dan fakta tentang memandikan bayi yang perlu Anda tahu.

     

    Manfaat Mandi untuk Bayi

    Selain membersihkan dan menyegarkan, buat Si Kecil, mandi juga bisa:

    * Menenangkan. Setelah seharian beraktivitas, bayi mungkin kelelahan sehingga merasa tidak nyaman. Mandi, apalagi jika menggunakan air hangat, akan membuat Si Kecil merasa tenang dan ototnya pun akan rileks.

    * Belajar. Jangan sia-siakan waktu mandi bayi tanpa mengajarinya sesuatu. Saat mandi, Anda bisa mengasah panca indranya. Jadikan air mandinya sebagai stimulan dengan membuat bunyi-bunyian. Ia akan menengok dan mencari sumbernya. Lakukan pula permainan lainnya seperti menenggelamkan bola.

    * Bonding. Waktu mandi sangat baik untuk memperkuat ikatan atau bonding Anda dengan Si Kecil. Lakukan ritual mandi yang menyenangkan, misalnya dengan membuka bajunya perlahan, mengajaknya bicara, bernyanyi, dan menatap matanya. Dengan begitu, ia akan menyadari betapa Anda mencintainya.

     

    Source : motherandbeyond.id