Buah Penambah Berat Badan Yang Pasti Disukai Si Kecil

  • Anak-anak membutuhkan nutrisi dan gizi yang baik untuk tumbuh kembangnya di masa emas. Salah satu makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan harian, sekaligus bagus dikonsumsi untuk tubuh adalah buah dan sayuran.

    Buah penambah berat badan bayi dan anak-anak sebaiknya ada di menu makan harian anak, karena tak hanya bagus nutrisinya, namun juga dapat membantu memperbaiki timbangan berat badan si kecil bila dirasa perlu. Buah penambah berat badan juga ada banyak macamnya, lho!

    Melansir dari laman Very Well Family, buah-buahan sebaiknya dikonsumsi untuk bayi dan anak-anak dalam jumlah yang pas yaitu kisaran 1–2 cangkir per hari tergantung usianya. Makan buah setiap hari harus menjadi kebiasaan, karena buah baik untuk tubuhnya, mampu membantu menjaga imunitas tubuh, dan merupakan snack yang sehat.

    Jika si kecil tidak terlalu suka makanan berkalori tinggi, Ibu bisa memilih buah penambah berat badan anak supaya berat badannya tetap dalam batas aman dan normal. Pilih buah penambah berat badan dengan rasa yang nyaman untuk mulut serta perut si kecil ya.

    Buah-buahan yang bisa menambah berat badan untuk si kecil

    Makanan anak-anak harus dipantau dengan baik, hindari terlalu banyak memberinya makanan cepat saji dengan kandungan gizi yang kurang seimbang, makanan manis, ataupun makanan kemasan berpengawet lainnya. Cobalah untuk beralih mengonsumsi buah penambah berat badan bayi dan anak-anak supaya gizinya tetap terjaga dengan baik.

    Sedang bingung memilih buah penambah berat badan anak yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari? Melansir dari laman Parenting First Cry, berikut ini merupakan beberapa jenis buah penambah berat badan anak yang bisa dikonsumsi dan aman untuknya:

    1. Alpukat

    Buah yang satu ini tak hanya disukai oleh orang dewasa saja, bayi dan anak-anak juga pasti suka karena teksturnya yang lembut seperti krim setelah dihaluskan. Alpukat merupakan buah penambah berat badan yang cukup popular, mudah didapatkan, dan mudah diolah.

    Alpukat kaya akan vitamin B6, E, C, K asam folat, tembaga, serat, asam pantotenat, dan lemak sehat. Alpukat bisa dihidangkan dengan banyak cara seperti dibuat jus atau smoothies, olesan untuk roti tawar, isian sandwich, maupun milkshake sehat dan lezat.

    2. Pisang 

    Pisang dapat menjadi pilihan buah penambah berat badan anak dan juga bayi dengan rasa yang lezat. Pisang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh seperti: potassium, vitamin C, vitamin B6, karbohidrat, serta kalori.

    Sajikan buah pisang dengan cara berbeda supaya si kecil mau mengkonsumsinya, misalnya dibuat smoothiescake pisang, kolak pisang, atau dibalut dengan pastry supaya jadi kudapan enak. Untuk bayi, pisang bisa langsung dimakan begitu saja atau dikukus supaya rasa manisnya lebih terasa dan lebih lembut saat dimakan.

    3. Pepaya

    Pepaya adalah salah satu buah yang sering kali dikonsumsi oleh keluarga Indonesia. Rasanya cenderung manis, bertekstur lembut, dan berwarna oranye kemerahan.

    Pepaya mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, antioksidan, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, vitamin C, E, dan juga K. Pepaya menjadi salah satu buah penambah berat badan anak dan bayi dengan rasa yang nyaman untuk mereka sekaligus bernutrisi tinggi.

    4. Pir Hijau atau kuning

     

    Buah pir hijau dan kuning punya nutrisi yang sama-sama baik untuk tubuh. Buah ini mengandung kalori, protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, tiamin, ribovlavin, serta niasin.

    Buah penambah berat badan yang satu ini cukup banyak ditemui di daerah Indonesia. Bagi bayi, cara pengolahan buah pir bisa dengan cara dikukus terlebih dahulu atau di jus halus tanpa tambahan gula atau pemanis apapun.

    5. Nanas

    Kabarnya, nanas bagus digunakan sebagai buah penambah berat badan bayi dan anak. Namun takaran pemberiannya harus diperhatikan juga karena rasa buah ini sedikit asam dan ditakutkan akan mengganggu kesehatan perutnya.

    Nanas mengandung kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin C, mangan, dan vitamin B6. Untuk cara yang lebih aman, nanas bisa diolah menjadi selai lalu kemudian dioleskan pada roti tawar si kecil untuk sarapan atau snack-nya.

    6. Mangga

    Mangga merupakan buah musiman yang juga menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang unik dan mudah diolah. Mangga mengandung serat, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mikrogram folat, dan kalsium.

    Mangga bisa dibuat manisan, jus buah yang segar, atau dimakan begitu saja. Mangga yang sudah matang serta memiliki rasa manis cocok untuk buah penambah berat badan anak, sementara itu mangga yang masih muda bisa dikonsumsi ibu hamil untuk mengurangi rasa mual.

    7. Aprikot

     

    Aprikot nampaknya sedikit asing di Negara kita, namun buah ini bisa ditemukan disejumlah supermarket atau toko buah yang juga menjual buah impor lainnya. Aprikot punya cita rasa yang manis, segar, dan berwarna oranye kemerahan.

    Aprikot cocok diberikan untuk tambahan buah harian si kecil dengan dimakan begitu saja atau diolah menjadi jus. Buah penambah berat badan ini mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh seperti fosfor, kalium, zat besi, serat, hingga kalsium.

    Tips supaya anak-anak suka makan buah

    Bagaimana ya bila si kecil nampaknya tidak terlalu suka buah-buahan? Melansir dari laman Stanford Medicine Children’s Health, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba supaya si kecil suka makan buah:

    • Mencoba berbagai resep baru dengan kandungan buah di dalamnya
    • Mencontohkan pada si kecil atau membiasakan diri sendiri makan buah
    • Pilih buah dengan cita rasa yang tidak asam dan cenderung manis
    • Tambahkan buah pada makanannya, seperti sereal atau pudding
    • Campurkan buah pada air minumnya dan buatlah infused water

    Editor: Aprilia

    Source : https://www.ibupedia.com/