Manfaat Tidur Bagi Tumbuh Kembang Bayi

  • Manfaat Tidur untuk Bayi

    Setiap orang tua wajib memenuhi jam tidur bayi secara cukup dan efektif karena tidur memiliki manfaat terhadap tumbuh kembang bayi. Bagi bayi, tidur bukan sekadar istirahat saja lho, Bu. Tidur adalah waktu terbaik bagi tubuh bayi untuk beregenerasi dan mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel baru yang lebih segar. Selain itu, ada manfaat tidur untuk bayi lainnya, antara lain:

    • Merangsang perkembangan otak 
    • Meningkatkan kemampuan berpikir 
    • Menjaga daya tahan tubuh 

    Cara Mengatur Pola Tidur Bayi dengan Baik

    Berikut beberapa cara mengatur pola dan jam tidur bayi yang bisa Ibu lakukan setiap hari, antara lain:

    1. Tidur malam yang cukup

      Durasi dan kualitas tidur malam si Kecil bisa berpengaruh terhadap kesehatannya lho, Bu. Tidur malam tidak dapat digantikan dengan waktu lain seperti siang atau sore hari. Ibu bisa penuhi jam tidur bayi saat malam sesuai dengan usianya. Ibu juga harus memastikan bahwa si Kecil tidur dengan nyenyak sepanjang malam. Hal itu sangat penting, karena selain waktu tidur yang mesti dipenuhi, si Kecil pun perlu tidur yang berkualitas. 

    2. Biasakan tidur siang

      Bagi bayi dan anak-anak, tidur siang termasuk rutinitas penting yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya. Sebaiknya Ibu menghindari waktu tidur siang di sore hari ya. Sebab, kebiasaan ini bisa membuat si Kecil jadi terjaga di malam hari. 

    3. Pastikan kondisi si Kecil nyaman

      Ibu perlu memastikan kondisi si Kecil sudah nyaman sebelum waktu tidur tiba. Ada beberapa cara untuk membuat tubuh si Kecil merasa nyaman dan rileks, yaitu memandikannya dengan air hangat, memakai baju yang lembut dan nyaman, memijat tubuh si Kecil sebelum tidur, dan penuhi kebutuhan ASI sebelum tidur. 

    4. Perhatikan kenyamanan ruangan

      Selain merasa nyaman dengan tubuhnya, si Kecil juga harus merasa nyaman dengan ruangan yang akan digunakan untuk tidur. Ibu perlu memastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau dingin. Bersihkan ruangan secara berkala sehingga terbebas dari debu dan kotoran. Penggunaan humidifier juga bisa menjadi solusi agar kelembaban ruangan tetap terjaga. Perhatikan juga kasur yang sesuai untuk bayi secara kualitas serta ukuran. Ibu bisa berikan boneka sebagai teman tidur si Kecil di kasurnya sehingga ia tidak merasa tidur sendirian.

    5. Bantu si Kecil agar tidur pulas

      Ada kalanya si Kecil susah tidur di malam hari. Waktu seperti ini bisa Ibu gunakan dengan cara membantunya selama proses menuju tidur. Ibu bisa menenangkan si Kecil dengan menggendongnya sambil memperdengarkan musik yang menenangkan, berikan usapan atau pijatan lembut bagian kepala, lengan, perut, punggung, dan kaki agar si Kecil lebih rileks. 

     

    Source :https://www.ibudanbalita.com/